20 Tahun Tendangan Gledek Bersejarah Roberto Carlos

  • Roberto Carlos coba menjelaskan tentang gol tendangan gledek yang bersejarah ke gawang Prancis yang terjadi 20 tahun lalu. Lihat golnya berikut ini!

Gol Roberto Carlos - Tournoi de France 1997
Gol Roberto Carlos - Tournoi de France 1997

Berita Bola – Legenda Timnas Brazil, Roberto Carlos, mengaku bahwa dirinya sebenarnya sampai saat ini sama sekali tidak tahu bagaimana caranya ia bisa mencetak gol indah ke gawang Prancis 20 tahun lalu.

Pada musim panas 1997, Prancis telah menjadi tuan rumah dari gelaran turnamen persahabatan bertajuk Tournoi de France. Dan turnamen itu diikuti oleh empat tim yakni Inggris, Brasil, Prancis dan Italia.

Dan pada turnamen itu sendiri kemudian menghasilkan salah satu momen paling diingat hingga sekarang dalam sejarah sepakbola, yakni tendangan geledek Roberto Carlos yang sukses mengoyak gawang Fabian Barthez. Gol yang dihasilkan dari tendangan bebas itu memang sukses membuat semua orang yang menyaksikannya bakal terperangah melihatnya.

Bagaimana tidak, Carlos menendang bola dari jarak sekitar 30 meter dengan kaki kirinya. Alhasil, si kulit bundar itu langsung melesat ke arah kiri gawang dan sepertinya akan melenceng dari sasaran. Namun saat mendekati gawang, bola justru berbelok secara tiba-tiba dan sempat mencium tiang gawang dan sebelum berbuah menjadi gol. Barthez, selaku penjaga gawang timnas Prancis sampai tidak bisa bereaksi atas gol itu.

Kini sudah 20 tahun berlalu sejak gol itu tercipta. Dan lucunya, Carlos sendiri ternyata tidak tahu bagaimana cara ia bisa mencetak gol indah tersebut.

“Sungguh, saya sama sekali tidak tahu bagaimana saya mencetak gol itu,” ungkap Roberto Carlos pada The Sun.

“Saya biasa berlatih melakukan tendangan bebas. Saya tidak langsung pulang setelah latihan dan saya mengasah tendangan bebas itu dan, pada kesempatan khusus ini, diluar dugaan hasilnya bagus,” tutur Carlos.

“Saya hanya menendangnya saja dan tak mengira bola itu akan masuk ke gawanv,” tuntas mantan bek Real Madrid ini