Akhirnya David Moyes Menang Juga. Ini Komentarnya…

David Moyes, yang kini menjadi pelatih Real Sociedad, mengatakan ia ingin lebih banyak kontribusi lagi dari pemainnya meski melihat kemenangan klub Basque itu pada debut kandang pertamanya 3-0 atas Elche, Sabtu dinihari WIB. Mantan pemain sayap Arsenal Carlos Vela menjadi pahlawan bagi tuan rumah dengan mencetak hattrick untuk mencatatkan hanya kemenangan liga ketiga mereka dalam 13 pertandingan musim ini dan menyebabkan mereka meloncat […]

David Moyes, yang kini menjadi pelatih Real Sociedad, mengatakan ia ingin lebih banyak kontribusi lagi dari pemainnya meski melihat kemenangan klub Basque itu pada debut kandang pertamanya 3-0 atas Elche, Sabtu dinihari WIB.

Mantan pemain sayap Arsenal Carlos Vela menjadi pahlawan bagi tuan rumah dengan mencetak hattrick untuk mencatatkan hanya kemenangan liga ketiga mereka dalam 13 pertandingan musim ini dan menyebabkan mereka meloncat ke urutan ke-12 di La Liga.

“Saya sangat senang dengan hasilnya,” kata Moyes, yang memulai kepelatihannya dengan hasil imbang 0-0 di Deportivo La Coruna akhir pekan lalu.

“Saya senang karena tidak kebobolan lagi, tapi saya tidak begitu senang dengan kinerja tim. Saya pikir kami melakukan terlalu banyak kesalahan dan saya mengharapkan kita untuk bermain lebih baik.”

“Saya tidak berpikir laga itu mudah karena Elche memunculkan masalah bagi kami di awal, tapi gol akhirnya membuat perbedaan.”

“Kami memiliki bakat khusus pada diri Carlos Vela yang jelas membuat perbedaan dan banyak membantu tim malam ini.”

Moyes tidak hanya menargetkan perbaikan di lapangan, tetapi juga di tribun di stadion Anoeta yang hanya berisi 23.000 penggemar  yang dengan berani menonton di bawah cuaca buruk di stadion yang berkapasitas 32.000 orang.

“Saya pikir para penonton sangat baik di babak kedua, tapi saya ingin memberi mereka sebuah tim yang menyebabkan tidak akan ada lagi kursi kosong di tribun.”

“Saya ingin stadion menjadi penuh, saya ingin tim di mana Anda tidak bisa mendapatkan tiket karena terjual habis. Saat ini saya tidak punya tim seperti itu, tapi itu akan saya coba lakukan.”

Selain usahanya mengenal nama-nama para pemain dan para staf, Moyes juga harus perlahan-lahan menyesuaikan diri dengan kekhasan La Liga dan mengaku terkejut dengan mudahnya wasit Carlos Velasco Carballo mencabut kartu.

Wasit melambaikan enam kartu kuning, tapi Moyes terutama frustrasi dengan keengganan sang pengadil untuk membiarkan bola mengalir di babak pertama .

“Saya pikir tingkat toleransinya terlalu rendah. Saya rasa ini adalah permainan untuk laki-laki dan juga merupakan olahraga dengan kontak fisik,” tambah Ferguson.

“Tidak ada yang ingin melihat tendangan bebas secara lembut. Orang ingin melihat beberapa tantangan, jadi saya pikir tingkat toleransinya tidak benar.”

“Dalam pertandingan Deportivo saya pikir wasit sangat baik, tapi malam ini ada tiga kartu kuning dalam 27 menit. Bagi saya itu terlalu mudah baginya untuk menghukum pemain.”