Atasi Stres dengan Cara SehatStres adalah suatu kondisi yang mempengaruhi keadaan fisik atau psikis seseorang karena adanya tekanan. Stres bisa terjadi pada siapa saja tanpa mengenal usia.

Kebanyakan orang yang sedang stres akan memilih pelarian atau pelampiasan ke makanan. Maka tak sedikit pula yang akhirnya mengalami kenaikan maupun kelebihan berat badan.

Namun jangan khawatir, ada jenis makanan penghilang stres yang sehat dan tetap membuat tubuh anda stabil. Berikut 8 makanan dan minuman penghilang stres yang dianggap sehat, seperti dilansir Healthmeup.

1. Susu

Susu merupakan sumber vitamin B2 dan B12 serta antioksidan, yang sangat penting untuk melawan radikal bebas. Satu gelas susu mengandung triptofan, yang mana ketika dimetabolisme itu akan berubah menjadi serotoni, yang dapat mengurangi stres. Susu juga mengurangi tekanan darah karena mengandung magnesium, kalsium, dan kalium.

2. Teh hijau

Teh hijau adalah suplemen untuk menurunkan berat badan. Selain itu, teh hijau juga dapat mengurangi stres.

3. Teh hitam

Teh hitam mampu merangsang energi dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

4. Cokelat hitam

Cokelat hitam merupakan afrodisiak yang mampu meningkatkan libido seseorang, tapi juga mampu menghilangkan stres.

5. Almond dan kenari

Kacang-kacangan juga mengandung omega-3, tetapi memiliki sifat yang berbeda, yang dapat meningkatkan mood seseorang dan mengurangi stresnya. Vitamin B2 dan E yang terkandung di dalam almond, dan magnesium, polifenol, serta antioksidan yang ada di dalam kenari mampu membantu anda menghilangkan stres.

6. Pasta

Ketika mengalami stres, cobalah untuk mengonsumsi pasta. Sebab, pasta dapat meredakan stres karena di makanan satu itu terbuat dari biji-bijian.

Biji-bijian atau karbohidrat komples, mampu membantu meningkatkan kadar serotonis, sehingga suasana hati anda mengalami peningkatan juga.

7. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin B yang sangat berguna untuk meredakan stres. Namun, brokoli juga merupakan sumber terbaik dari asam folat, yang merupakan mineral penting yang diperlukan untuk mengurangi stres.

Bila anda mengalami hari yang cukup menegangkan, segeralah untuk mengonsumsi beberapa brokoli.

8. Ikan

Konsumsilah ikan kembung, sarden, salmon, dan tuna. Sebab ketiga jenis ikan ini, mengandung omega-3 yang merupakan komponen kunci untuk menghilangkan stres.