Benda Pertama Yang Diminta Pele Usai Keluar Dari ICU Adalah … Bola? Salah!

Lima hari setelah kondisinya digambarkan sebagai “tidak stabil secara klinis,” legenda sepakbola Brasil Pele keluar dari perawatan intensif Selasa dan berjalan-jalan saat ia pulih dari masalah ginjal. “Pasien … baik-baik tanpa komplikasi medis. Dia mampu berjalan di sekitar kamarnya,” kata klinik Albert Einstein di Sao Paolo dalam sebuah pernyataan. “Setelah analisis klinis, melanjutkan sokongan ginjal dirasa tidak perlu,” […]

Berita Internasional  - Benda Pertama Yang Diminta Pele Usai Keluar Dari ICU Adalah ... Bola? Salah!

Lima hari setelah kondisinya digambarkan sebagai “tidak stabil secara klinis,” legenda sepakbola Brasil Pele keluar dari perawatan intensif Selasa dan berjalan-jalan saat ia pulih dari masalah ginjal.

“Pasien … baik-baik tanpa komplikasi medis. Dia mampu berjalan di sekitar kamarnya,” kata klinik Albert Einstein di Sao Paolo dalam sebuah pernyataan.

“Setelah analisis klinis, melanjutkan sokongan ginjal dirasa tidak perlu,” tambahnya.

Laporan-laporan media mengatakan, benda pertama yang diminta Pele begitu keluar dari ICU bukanlah bola, melainkan sebuah  gitar.

Klinik ini mengatakan pria 74 tahun yang memiliki nama asli Edson Arantes do Nascimento sudah menerima perawatan “semi-intensif” tetapi tetap di tempat tidur yang sama seperti sebelumnya.

Rumah sakit mengatakan tes ginjal lebih lanjut akan dilakukan besok.

Pele adalah “sehat dan makan dengan baik” tanpa mengalami kesulitan bernapas saat menerima antibiotik intravena, kata rumah sakit.

Klinik ini menunda sokongan untuk ginjalnya pada hari Minggu, enam hari setelah juara dunia tiga kali itu masuk ke ruang perawatan.

Tes awal menunjukkan bahwa Pele, yang secara luas dianggap sebagai pemain terbesar sepanjang masa, menderita infeksi saluran kemih yang membutuhkan antibiotik.

Beberapa media Brasil melaporkan bahwa Pele memiliki septikemia, infeksi darah, setelah ia gagal merespon pengobatan atas tubuhnya.

Pele hanya memiliki satu ginjal setelah satu ginjal lain diangkat menyusul komplikasi cedera tulang rusuk yang dideritanya saat bermain untuk New York Cosmos pada dekade 1970-an, kata agennya Jose “Pepito” Fornos kepada AFP selama akhir pekan.

Seorang juru bicara rumah sakit mengatakan kepada AFP bahwa Pele telah menerima banjir ucapan lekas sembuh dari para simpatisan baik melalui surat atau pun media sosial.

Dan situs Globo Esporte mengatakan, mantan bintang itu tidak hanya bangun tetapi juga telah meminta sebuah gitar untuk dibawa ke kamarnya.

Pele lahir pada bulan Oktober 1940 di negara bagian tenggara Minas Gerais. Dia mulai terkenal saat bersama Santos dan membantu Brasil meraih gelar Piala Dunia pada tahun 1958, 1962 dan 197.

Pele mencapai kemenangan Piala Dunia pertamanya pada usia 17, mencetak dua gol dalam kemenangan final atas tuan rumah Swedia.

Tapi dia berperan saat Brazil memenangkan mahkota ketiga di Meksiko pada tahun 1970, mencetak gol di laga yang berakhir 4-1 vs Italia.

Pele mencetak 77 gol dalam 91 pertandingan untuk Brasil dan 1.281 laga sepanjang karirnya.