Liga Indonesia dan La Liga Bernasib Sama, Berhenti Sementara

  • Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) atau PSSI-nya Spanyol memutuskan menunda semua kompetisi mulai 16 Mei 20105. Partai final Copa del Rey antara Athletic Bilbao melawan Barcelona juga batal digelar pada Minggu (30/5/2015). Persis sama dengan Indonesia, tapi berbeda alasan.

Berita Bola  - Liga Indonesia dan La Liga Bernasib Sama, Berhenti Sementara
Berita Bola Terkini: Liga Indonesia dan La Liga Spanyol Bernasib Sama, Berhenti Sementara

Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) atau PSSI-nya Spanyol memutuskan menunda semua kompetisi mulai 16 Mei 2015. Partai final Copa del Rey antara Athletic Bilbao melawan Barcelona juga batal digelar pada Minggu (30/5/2015). Persis sama dengan Indonesia, tapi berbeda alasan.

Di Indonesia, kompetisi dihentikan oleh PSSI karena lembaga itu dibekukan oleh Pemerintah dalam hal ini oleh Kemenpora. Pembekuan yang dilakukan Kemenpora dianggap oleh PSSI sebagai faktor force majeure atau keadaan memaksa yang tidak bisa mereka atasi.

Di Spanyol, RFEF menghentikan kompetisi La Liga bukan karena alasan lembaga tersebut tidak diakui atau dibekukan oleh pemerintah setempat. Penghentian dilakukan RFEF sebagai bentuk protes lembaga tersebut atas lahirnya undang-undang baru yang dikeluarkan pemerintah terkait hak siar.

Undang-undang baru yang disahkan pekan lalu itu bertujuan untuk menciptakan keseimbangan distribusi hak siar untuk tim-tim Divisi Primera. Jika dicermati, undang-undang itu tujuannya baik, yaitu demi pemerataan dan rasa keadilan dalam hal pendapatan finansial di antara klub-klub dan pemain.

Di bawah aturan undang-undang lama, Barcelona dan Real Madrid menerima tiga kali pendapatan hak siar dibandingkan klub lain. Pasalnya, kedua tim tersebut menegosiasikan sendiri penjualan hak siar mereka. Namun, pemerintah Spanyol melalui undang-undang yang baru memutuskan bahwa 50 persen dari hak siar bakal merata untuk 20 tim Primera Division.

Namun, RFEF dan Presiden Angel Maria Villa, serta asosiasi pemain, menentang keputusan baru dari pemerintah. Mereka mendukung penundaan kompetisi.

Dengan keputusan tersebut, pertandingan Divisi Primera antara Atletico Madrid dan Barcelona pada 17 Mei, dipastikan ditunda. Selain itu, laga final Copa del Rey antara Athletic Bilbao melawan Barcelona batal digelar pada Minggu (30/5/2015).