Final Euro 2016 : Lima Momen Penting Final Euro Sepanjang Masa

Setelah melewati 50 pertandingan, 22 penerbangan di Prancis, dan lebih dari 100 gol tercipta, akhirnya sampailah di akhir ajang Euro […]

Setelah melewati 50 pertandingan, 22 penerbangan di Prancis, dan lebih dari 100 gol tercipta, akhirnya sampailah di akhir ajang Euro 2016 jelang laga final Senin dinihari nanti

Ada berbagai cerita menarik yang mengiringi perjalanan tim menuju final Euro 2016. Di antaranya, juara Dunia 2014 Jerman dipastikan keluar! Begitu pula juara bertahan dua kali sudah tersingkir! Sementara itu Islandia dan Wales tampil mengejutkan meski harus tersingkir juga di babak perempat final dan semifinal.

Sekarang tinggal dua tim yang tersisa, dengan duel antara Portugal melawan Prancis hingga duel antara Cristiano Ronaldo dan Antine Griezmann (layaknya laga final Liga Champions sekaligus duel nominasi Ballon d’Or tahun ini).

Namun sebelum memulai prediksi dan menikmati laga puncak Euro 2016, mari melakukan perjalanan waktu untuk mengingat laga-laga final sebelumnya. Dan ini adalah lima momen paling luar biasa dalam sejarah pertandingan final Kejuaraan Eropa!

  1. Euro 2012 : Fernando Torres is Back!

Hanya empat tahun sebelumnya, Fernando Torres sukses mengubur mimpi favorit kuat juara Jerman lewat gol tunggalnya setelah sukses memenangi adu sprint melawan Lahm untuk menaklukkan kiper dan mencetak gol kemenangan di Euro 2008.

Akan tetapi sebelum Euro 2012, Torres telah meredup sejak bergabung dengan Chelsea pada 2011 lalu. Torres pun tak lagi diandalkan di skuad Spanyol dalam kejuaraan Eropa tahun 2012 di Polandia dan Ukraina.

Dan Spanyol telah unggul 2-0 atas Italia saat Torres masuk di menit ke 75 menggantikan Fabregas. Namun ternyata ia hanya membutuhkan sembilan menit untuk menerobos pertahanan Italia untuk menjumpai umpan Xavi dan menjebol gawang Buffon, 3-0.

Gol yang sekaligus mengakhiri perlawanan Italia dan membuat Spanyol sukses membantai 4-0.

  1. Euro 1988 : Tendangan Voli Khas Van Basten

Pemain terbesar dunia di masa itu, Marco van Basten, melepaskan tendangan voli elegan untuk memastikan kemenangan Belanda dan menjadi gol terbaik yang pernah dilihat oleh setiap penikmat sepak bola. Belanda menang 2-0 atas Uni Soviet. Tendangan voli itu kemudian menjadi trademarks seorang van Basten.

  1. Euro 1996 : Oliver Bierhoff Cetak Gol Perdana Golden Goal!

Aturan golden goal baru awal-awal berlaku, yaitu ketika kedudukan berakhir imbang dalam 90 menit waktu normal, maka akan dilanjutkan di babak perpanjangan waktu. Dan tim yang mencetak gol terlebih dulu di babak perpanjangan waktu, maka mereka menjadi tim pemenang.

Dan Oliver Bierhoff menjadi pioner golden goal setelah golnya di babak perpanjangan waktu di final kontra Republik Ceko sukses mengantarkan Jerman memetik kemenangan dengan skor 2-1.

  1. Euro 2000 : Kemenangan Dramatis Prancis

Prancis di tahun 2000 membuktikan bahwa keajaiban itu ada dalam sepak bola. Sempat tertinggal 1-0 atas Italia, Prancis secara luar biasa sukses mencetak gol melalui Sylvain Wiltord ketika babak injury time memasuki menit ke-3!

Dan babak perpanjangan waktu pun dilakukan. Penyerang David Trezeguet sukses mencetak golden goal untuk membuat Prancis menang dramatis atas Italia 2-1 di final Euro 2000.

  1. Penalti Panenka Pertama

Antonin Panenka Euro Penalty

Dan ini adalah awal mula adanya tendangan panenka dalam penalti. Adalah Antonin Panenka yang menjadi pemain pertama yang melakukannya kala mengantarkan Cekoslovakia menang dalam drama adu penalti 5-3 kontra Jerman Barat.

 

Sepakbola.cc