Daftar Pemain Bintang Berstatus Bebas Transfer

721

Ada beberapa pemain berlabel bintang yang akan berstatus free transfer pada bursa musim panas mendatang.

Musim kompetisi sepak bola Eropa sudah memasuki akhir, dan jendela transfer musim panas akan dimulai beberapa minggu lagi. Perhatian akan segera beralih ke bagaimana klub akan memperkuad skuad mereka untuk menghadapi musim kompetisi 2016/2017.

Beberapa klub bahkan sudah memulai aktivitas transfer mereka. Beberapa nama pemain tenar mulai dikait-kaitkan dengan klub-klub top Eropa. Akan tetapi tidak semua pemain tersebut harus didatangkan dengan biaya mahal.

Ada beberapa pemain berlabel bintang yang akan berstatus free transfer pada bursa musim panas mendatang. Artinya mereka dapat didapatkan tanpa harus membayar biaya transfer sepeser pun. Berikut kami rangkum dalam XI pemain bebas transfer.

Kiper – Steve Mandanda

Cederanya kiper utama Hugo Lloris membawa berkah bagi Mandanda yang akan menjadi andalan Prancis untuk mengadapi Euro 2016 musim panas ini.

Pemain berusia 31 tahun telah berkarir di klub Prancis sejak 2007, dengan catatan lebih dari 400 penampilan. Kontrak Mandanda bersama Marseille akan berakhir pada Juni 2016 ini.

Mandanda merupakan seorang kiper berpengalaman. Di usia ke-31 tahun ia masih memiliki kemampuan reflek yang bagus.

Bek kanan – Gregory van der Wiel

Bek kanan PSG ini telah berjasa mengantarkan PSG merajai Ligue 1 selama empat musim. Bek berkebangsaaan Belanda berusia 28 tahun ini dikabarkan akan keluar dari PSG musim panas ini dan mencari tantangan baru.

Centre-back – Kolo Toure

Kolo Toure telah menikmati kebangkitan performanya yang fantastis dalam beberapa bulan terakhir di Liverpool. Kebangkitan Toure ini juga tidak terlepas dari suspensi Mamadou Sakho dan penurunan performa Martin Skrtel. Bek asal Pantai Gading berusia 35 tahun ini kontraknya akan berakhir tahun ini.

Meski sejauh ini belum menandatangai kontrak baru, Jurgen Klopp mengindikasikan bahwa ia ingin Toure tetap tinggal di Anfield. “Kolo adalah pemain yang sangat penting bagi kami. Bahkan ketika dia tidak bermain. Dia salah satu orang yang paling mengesankan yang saya temui.”

Centre-back – Martin Caceres

Caceres telah absen sejak Februari lalu setelah pecah tendon Achilles-nya, tapi jika bek Juventus bisa membuktikan kebugarannya, maka akan ada sejumlah klub tertarik mengamankan jasanya musim panas ini.

Pemain berusia 29 tahun ini telah mengantongi 68 caps untuk Uruguay dan bermain di dua Piala Dunia edisi terakhir. Pemain serbabisa ini juga pernah memperkuat Barcelona dan Sevilla.

Bek kiri – Patrice Evra

Mantan Manchester United bek kiri ini telah dirindukan di Old Trafford sejak kepergiannya pada 2014. Setelah dilepas United 2014 lalu, Evra mampu membuktikan bahwa dia masih bisa bermain di level tinggi dengan dua kali membawa Juventus menjuarai Serie-A Liga Italia dan mengantarkan ke final Liga Champions musim lalu.

Evra dikabarkan sudah mendapatkan penawaran kontrak baru. Akan tetapi hingga kini masa depannya masih belum jelas.

Gelandang tengah – Michael Carrick

Tampak seolah-olah Michael Carrick mungkin telah memainkan pertandingan terakhirnya untuk Manchester United di Old Trafford, dengan kontraknya akan berakhir musim panas ini.

Pemain berusia 34 tahun itu didampingi anak-anaknya ke lapangan saat United meraih kemenangan 3-1 atas Bournemouth pada hari Selasa kemarin. Suasana itu seolah menunjukkan bahwa pertandingan terakhir MU itu mungkin akan perpisahan untuk gelandang yang bergabung dengan MU dari Tottenham pada 2006.

Meskipun usianya sudah tidak muda lagi, Carrick sejatinya masih mampu bermain dengan baik dengan kualitasnya yang masih cukup terjaga.

Gelandang tengah – Riccardo Montolivo

Kapten AC Milan ini belum menandatangani kontrak baru di San Siro. Musim ini memang menjadi musim yang buruk bagi Montolivo setelah mengalami penurunan performa akibat cedera.

Dengan 60 caps untuk Italia, Montolivo pernah menjadi gelandang paling dikagumi di Eropa, tapi cedera menjadi masalah baginya. Kini pemain berusia 31 tahun ini akan berstatus bebas transfer dan dapat pergi dari AC Milan.

Sayap kanan – Sofiane Feghouli

Feghouli sepertinya berada di jalan keluar dari Valencia musim panas ini. Pemain sayap ini belum tampil untuk klub sejak 10 April akibat masalah indisipliner.

Pemain asal Aljazair ini pernah menjadi Player of the Year 2014/15 bagi Valencia. Akan tetapi bos Pako Ayestaran mengatakan, “Saya tidak tahu apakah Sofiane Feghouli akan mengenakan kostum Valencia lagi atau tidak. Hal ini tergantung pada hari ke hari dan apa kebutuhan tim.”

Sayap kiri – Hatem Ben Arfa

Setelah gagal mengarungi Premier saat memperkuat Hull dan Newcastle, pemain berusia 28 tahun ini kemudian menikmati kebangkitan fantastisnya di Ligue 1 musim ini. Namanya pun gencar dikait-kaitkan dengan banyak klub.

“Ada 18 klub yang sangat menarik yang telah mengajukan diri. Saya telah memilih tiga,” kata Ben Arfa.

Striker – Moussa Dembele

Dembele pernah nyaris bergabung dengan Tottenham dari Fulham pada jendela transfer Januari lalu. Akan tetapi kini sepertinya Dembele akan benar-benar meninggalkan Craven Cottage musim panas ini setelah kontraknya habis tahun ini.

Striker – Zlatan Ibrahimovic

Ibrahimovic telah bahwa menegaskan ia akan meninggalkan Paris Saint-Germain setelah empat musim membela klub asal ibu kota Prancis itu.

Penyerang internasional Swedia berusia 34 tahun itu merupakan salah satu striker paling ditakuti di Eropa. Kabarnya sang pemain akan menjadikan Manchester United sebagai labuhan karirnya.