Bersihkan Gigi Tanpa Sikat

  • Membersihkan gigi secara teratur baik untuk kebersihan serta kesehatan. Jika anda berpergian dengan lupa membawa sikat gigi, dan sulit mencari sikat gigi, jangan khawatir, ada cara lain untuk membersihkan gigi anda untuk sementara waktu. Berikut beberapa cara lain untuk membersihkan gigi, seperti dilansir oleh Best Health. Makanan yang ‘menggosok’ gigi Konsumsi makanan yang bisa membantu membersihkan gigi […]

Berita Bola  - Bersihkan Gigi Tanpa SikatMembersihkan gigi secara teratur baik untuk kebersihan serta kesehatan. Jika anda berpergian dengan lupa membawa sikat gigi, dan sulit mencari sikat gigi, jangan khawatir, ada cara lain untuk membersihkan gigi anda untuk sementara waktu.

Berikut beberapa cara lain untuk membersihkan gigi, seperti dilansir oleh Best Health.

Makanan yang ‘menggosok’ gigi

Konsumsi makanan yang bisa membantu membersihkan gigi ketika dikunyah atau dikonsumsi. Misalkan anda bisa mencoba makan apel, wortel, seledri, atau popcorn yang tidak mengandung pemanis. Untuk hasil terbaik, konsumsi makanan itu sebagai makanan penutup setelah makan besar.

Mouthwash

Mencuci mulut dengan mouthwash yang tidak mengandung alkohol setelah makan bisa membantu membersihkan gigi. Pilihlah mouthwash yang tidak mengandung alkohol karena sebuah penelitian mengungkap bahwa mouthwash yang mengandung alkohol bisa meningkatkan risiko kanker mulut.

Permen karet

Jika ingin mengurangi bakteri buruk pada mulut, anda bisa mengunyah permen karet yang mengandung xylitol. Beberapa butir xylitol setiap hari akan mengubah nuansa dalam mulut dan mencegah gigi berlubang.

Kayu manis

Penelitian di University of Illinois, Chicago, menemukan bahwa kayu manis atau bahkan permen karet yang memiliki rasa kayu manis bisa mengurangi bakteri dalam mulut. Kayu manis mengandung cinnamic aldehyde, zat yang memberikan rasa dan warna pada kayu manis. Zat ini bisa mencegah terjadinya lubang pada gigi yang disebabkan oleh bakteri.

Minum teh

Flavonoid yang ada dalam teh bisa mencegah bakteri menempel pada gigi. selain itu, zat dalam teh juga bisa mencegah produksi gula yang menyebabkan lubang pada gigi. Teh juga mengandung fluoride yang tinggi sehingga bisa menguatkan gigi.

Minum air

Minum segelas air setiap jam bisa membantu membersihkan mulut. Semakin banyak air yang diminum, semakin banyak bakteri yang bisa dibersihkan dari gigi dan mulut. Dengan kata lain, minum lebih banyak air setiap hari bisa menurunkan risiko penyakit gusi, mencegah gigi berlubang, dan menyegarkan napas.