Bintang Arsenal Kandidat Peraih Puskas Award

Lewat gol tendangan kalajengkingnya bintang Arsenal, Olivier Giroud, jadi kandidat peraih Puskas Award 2017. 

Olivier Giroud jadi favorit peraih Puskas Award lewat gol tendangan kalajengkingnya ke gawang Crystal Palace di musim lalu. Lewat gol tersebut, pemain asal Prancis itu masuk daftar tiga besar calon peraih penghargaan gol terbaik FIFA tersebut.

Giroud harus bersaing dengan dua kandidat favorit lainnya, yakni kiper Timnas Afrika Selatan Oscarine Masuluke dan pesepakbola putri Venezuela, Deyna Castellanos.

Sedangkan gol indah Giroud dalam laga di ajang Premier League melawan Crystal Palace digelar pada 1 Januari silam. Giroud sukses sarangkan bola ke gawang lawan dengan tendangan tumit kirinya. Saat itu, lewat umpan Alexis Sanchez, Giroud berhasil memenangkan Arsenal, 2-0.

Namun, sang pemilik gol malah mengaku, gol tersebut tercipta lebih banyak disebabkan faktor keberuntungan. Giroud juga akui, itulah gol terbaik yang pernah dicetaknya sepanjang hidupnya.

Sementara itu, Venezuela sudah masukkan para pemainnya sebagai kandidat kuat peraih Puskas Award dalam dua tahun berturut-turut. Castellanos sendiri jadi pesepakbola putri kedua asal Venezuela yang berhasil bertengger di tiga besar penghargaan ini selama dua tahun terakhir.

Untuk di tahun ini, Castellanos jadi nominator lewat tendangannya dari tengah lapangan di laga melawan Kamerun di ajang Piala Dunia U-17 Puteri yang digelar di Yordania tahun lalu.

Pemain 18 tahun itu ikuti rekan senegaranya, Daniuska Rodriguez, yang hasil tendangannya juga masuk tiga besar di tahun lalu. Sayangnya, ketika itu, Rodriguez kalah dari gol tendangan bebas milik pemain Malaysia, Mohammed Faiz Subri, yang tercipta dari jarak 35 meter.

Sedangkan kiper Afsel, Masuluke, jadi kiper pertama yang juga pemain pertama asal Afrika yang masuk tiga besar di Puskas Award. Masuluke yang kiper Baroka FC itu mencetak gol lewat tendangan salto spektakulernya di menit terakhir pertandingan melawan Orlando Pirates tahun lalu.

Rencananya, peraih Puskas Award tahun ini akan diumumkan dalam acara tahunan FIFA di London, 23 Oktober mendatang. Satu pemain yang layak jadi pencetak gol terindah di sepanjang tahun, akan dianugerahi penghargaan dengan nama almarhum kapten Hongaria, Ferenc Puskas.

Sepakbola.cc