Daftar 5 ‘Pencabut Nyawa Kiper’ Dari Lima Liga Teratas Eropa

  Striker adalah salah-satu posisi dalam sepakbola yang sering dipilih banyak penggila bola kala bermain dilapangan. Keberadaannya kerap ancam pertahanan […]

Daftar 5 ‘Pencabut Nyawa Kiper’ Dari Lima Liga Teratas Eropa

 

Striker adalah salah-satu posisi dalam sepakbola yang sering dipilih banyak penggila bola kala bermain dilapangan. Keberadaannya kerap ancam pertahanan kiper. Untuk itulah dibuat daftar 5 ‘pencabut nyawa kiper’ dari lima liga teratas Eropa.

Seperti yang telah diketahui bersama, gelaran lima liga papan atas Eropa sudah memasuki masa paruh musim. Baik Bundesliga, La Liga, Ligue 1, Premier League maupun Serie A sudah menjalani setidaknya 16 pertandingan sengit.

Dari seluruh kompetisi domestik tersebut, bermunculan sederet nama top skor sementara yang menguasai perolehan gol di masing-masing liga. Selain nama-namanya kerap disebut dalam berbagai bursa transfer, kehebatan mereka tentu tak perlu diragukan lagi.

 

Posisi 5. Robert Lewandowski

11 Gol – 16 Pertandingan = 0.7 gol/laga, Gol Penalti = 3.

Kehadiran pemain ini untuk lini depan Borussia Dortmund jelas tak terbantahkan. Walau belum bisa membawa die Borussen menempel ketat Bayern Munich di puncak klasemen Bundesliga, namun produktivitasnya seakan menegaskan jika dirinya patut dihargai mahal, oleh klub manapun yang berminat memboyongnya dari Signal-Iduna Park musim depan.

 

Posisi 4. Giuseppe Rossi

13 Gol – 16 Pertandingan = 0.81 gol/laga. Gol Penalti = 5.

Rossi tak butuh waktu lama untuk beradaptasi dan menunjukkan kapabilitasnya sebagai predator ulung di kotak penalti. Tak jarang penetrasinya menciptakan peluang yang berbuah gol bagi La Viola, meski belakangan harus ditinggal duet mautnya, Mario Gomez, akibat cedera. Kehebatan Rossi sanggup membawa Fiorentina sementara duduk nyaman di posisi empat klasemen Serie A.

 

Posisi 3. Zlatan Ibrahimovic

14 Gol – 17 Pertandingan = 0.82 gol/laga, Gol Penalti = 5.

Kayaknya tak ada penggila bola yang tak tahu dengan pemain yang satu ini. Predikat Ibrasebagai salah satu bomber terbaik yang hadir di Ligue 1 jelas sudah terbukti, ketika ia menjabat gelar top skor kompetisi di musim pertamanya tahun lalu.

Di musim ini, ia bersama partner barunya, Edinson Cavani kembali buktikan sama-sama tampil produktif, dan membawa Paris Saint-Germain memuncaki klasemen, di mana sang predator baru masih mampu hasilkan 12 gol.

 

Posisi 2. Cristiano Ronaldo

17 Gol – 15 Pertandingan = 1.1 gol/pertandingan, Gol Penalti = 5.

Makin kuat tinggalkan pesaingnya untuk raih Ballon d’Or 2013, Ronaldo terus menunjukkan penampilan mengesankan di atas lapangan bagi Real Madrid. Selain baru saja mencetak rekor pemain tersubur di fase grup Liga Champions, Ronaldo juga memimpin daftar pencetak gol terbanyak La Liga saat ini.

 

Posisi 1. Luis Suarez

17 Gol – 11 Pertandingan = 1.5 gol/laga, Gol Penalti = 0.

Nama Suarez berada di puncak daftar ini. Alasannya jelas, bomber timnas Uruguay itu sudah memberikan kejutan segar di gelaran Premier League, dengan performa yang cukup gila di awal musim. Kendati sempat absen di lima laga pembuka, akibat sanksi atas kasus gigitan pada Branislav Ivanovic di akhir musim lalu, tapi Suarez seakan memberi bukti yang ‘berlimpah-limpah’. Rekor tiga hattrick ke gawang Norwich City seakan menegaskan, betapa menakutkannya sang El Pistolero dari musim ke musim.

Sepakbola.cc