Dick Advokaat Tinggalkan Tim Nasional Serbia

3

Dick Advocaat mengundurkan diri sebagai pelatih Serbia akhir pekan ini menyusul kekalahan 3-1 timnya melawan Denmark dalam laga kualifikasi Euro 2016. Federasi Sepak Bola Serbia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Advocaat memutuskan untuk meninggalkan posnya karena ia merasa tidak ada lagi yang bisa ia lakukan untuk meningkatkan kinerja tim dan kepercayaan diri mereka. Advocaat mengambil posisi itu pada […]

Dick Advocaat mengundurkan diri sebagai pelatih Serbia akhir pekan ini menyusul kekalahan 3-1 timnya melawan Denmark dalam laga kualifikasi Euro 2016.

Federasi Sepak Bola Serbia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Advocaat memutuskan untuk meninggalkan posnya karena ia merasa tidak ada lagi yang bisa ia lakukan untuk meningkatkan kinerja tim dan kepercayaan diri mereka.

Advocaat mengambil posisi itu pada bulan Juli dengan tujuan untuk memimpin Serbia ke Euro 2016 di Perancis.

Namun Serbia saat ini terdampar di urutan terbawah Grup I dengan hanya satu poin setelah tiga pertandingan pertama.

Nicklas Bendtner mencetak dua gol saat Denmark menyusul dari ketinggalan satu gol untuk mengalahkan Serbia 3-1 di Belgrade, Jumat.

Pertandingan itu dimainkan di stadion kosong karena insiden di laga kualifikasi antara Serbia dan Albania bulan lalu. Serbia dihukum oleh UEFA untuk terjadinya pertempuran di lapangan yang melibatkan pemain dan fans kedua belah pihak gara-gara sebuah bendera Albania yang diterbangkan di atas stadion dengan drone.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh federasi sepakbola Serbia, Advocaat mengatakan bahwa ”Saya sangat menyesal proyek bersama kita berakhir seperti ini.”

Dia menambahkan bahwa tekanan yang ada saat ini, ”Terlalu besar untuk tim ini.”
”Seperti pernah saya hadapi sebelumnya dalam karir saya, saya dihadapkan dengan masalah yang tidak bisa saya pecahkan,” kata Advocaat.

Advocaat juga pernah melatih tim nasional Uni Emirat Arab, Belgia dan Rusia, serta sejumlah klub seperti PSV Eindhoven dan Rangers. Musim lalu, ia memiliki tugas kedua dengan klub Belanda AZ Alkmaar, yang mencapai perempat final Liga Europa.