EURO 2016 : Analisa Kekuatan Timnas Prancis

Adalah aneh saat melihat Prancis hanya berada di peringkat ke-21 dalam peringkat nasional FIFA. Merosotnya prestasi tim ayam jantan dalam […]

Adalah aneh saat melihat Prancis hanya berada di peringkat ke-21 dalam peringkat nasional FIFA. Merosotnya prestasi tim ayam jantan dalam kurun  2 tahun sebelumnya menjadi penyebabnya.

Akan tetapi Prancis datang ke turnamen sebagai salah satu favorit. Dengan kombinasi yang baik dari pemain pemuda dan pemain berpengalaman dan dukungan dari penonton tuan rumah, Prancis memiliki peluang besar untuk mendapatkan sebuah trofi besar sejak terakhir kali mereka memenangi Piala Euro 2000.

Kekuatan :

Paul Pogba: Tak perlu diperdebatkan, dia adalah gelandang terbaik di dunia saat ini. Penguasaan bola dan kekuatan, kecepatan cepat, tendangan jarak jauh, dan visi bermain, umpan-umpan kunci, Pogba telah punya segalanya untuk menjadi bintang sekarang ini. Bahkan pemain berusia 23 telah memahami tanggung jawab untuk memegang beban untuk klub dan negara, dan ia memberi kinerja yang sangat diharapkan dari dirinya.

 

Hugo Lloris: Tidak selalu membuat berita utama untuk klub dan negara, mengingat adanya pemain lain di depannya, namun Lloris selalu terbukti menjadi ball-stopper yang stabil. Lloris memiliki musim yang luar biasa dengan Spurs dan hampir membawa mereka meraih titel juara. Ia adalah pemain berpengalaman dan akan menjadi pilihan No.1 untuk Perancis di posisi penjaga gawang.

Lini Depan: Lini depan Perancis merupakan lini depan yang sangat menakutkan dengan terdiri dari Martial, Griezmann, dan Coman yang memiliki kecepatan yang luar biasa dan penuh bakat alami. Ketiga pemain telah melakukan keajaiban untuk klub masing-masing musim ini, dan akan menjadikan Euro ini sebagai tantangan. Mereka memiliki kecepatan yang luar biasa untuk mampu meneror pertahanan lawan. Dan dengan kualitas yang mereka miliki, maka akan sulit bagi pertahanan manapun untuk menghentikan mereka.

Keberadaan The Unsung Heroes: Setahun yang lalu, tak seorang pun akan mendengar tentang mereka. Tapi hari ini, mereka bersinar dan menjadi bintang dari lini tengah Perancis. Kante dan Payet memiliki musim yang luar biasa. Sulit untuk menemukan orang yang memiliki lebih banyak energi dan stamina dari Kante di lini tengah. Pemain tengah itu telah melakukan keajaiban di Leicester dan harus dijamin mendapatkan tempat di skuad Prancis.

Payet, di sisi lain, lebih teknis dan terampil. Ia diberkati teknik tendangan bebas yang luar biasa, selain dribel indah dan gerakan terampil. Gelandang West Ham ini adalah tambahan layak untuk skuad ini.

Kelemahan:

Evra & Sagna : Patrice Evra dan Bacary Sagna telah memiliki karir yang indah, dengan masih terus memenangkan gelar di klub mereka. Namun, pemain berusia 35 dan 33 tahun itu masing-masing sudah di penghujung karir. Mereka memiliki pengalaman tertinggi, namun kecepatan dan refleknya yang melamban akan menjadi makanan empuk penyernag-penyerang lawan yang cepat. Dengan Varane yang keluar, pusat kombinasi belakang Koscielny dan Rami relatif baik, tetapi mungkin merasa sulit untuk bersaing dengan yang terbaik.

Keseluruhan:

Prancis memiliki peluang besar untuk membuat dampak besar pada turnamen ini. Mayoritas pemain yang mereka miliki dalam skuad utama mereka memiliki bakat dan usia yang tengah bersinar. Dan mereka harus mengerahka  kemampuan terbaiknya untuk bisa menjadikan tuan rumah berprestasi di kandang sendiri.

 

Sepakbola.cc