Euro 2016: Rangkuman Hasil Tiap Grup 9/9/2014

Tim Spanyol tampaknya sudah pulih dari luka-luka trauma yang mereka derita di Piala Dunia Brasil dengan membuka laga kualifikasi Euro […]

ROONEY

Tim Spanyol tampaknya sudah pulih dari luka-luka trauma yang mereka derita di Piala Dunia Brasil dengan membuka laga kualifikasi Euro 2016  dengan sebuah kemenangan besar 5-1 vs Makedonia, sementara Inggris berhasil menundukkan lawan terpenting di grupnya, Swiss, 0-2.

Berikut adalah rangkuman hasil kualifikasi hari Selasa dinihari WIB di seluruh Eropa:

GRUP C

Meskipun Spanyol menang besar, tapi sebenarnya laga tidak berlangsung dengan nyaman bagi sang juara bertahan Eropa itu. Ada beberapa kali saat-saat menegangkan di lini pertahanan tim Matador, sebelum mereka berhasil menundukkan Makedonia 5-1 dengan lima pencetak gol yang berbeda guna memulai kualifikasi Euro 2016 di jalur yang benar setelah periode Piala Dunia yang sungguh mengecewakan.

Spanyol seolah-olah memulai laga dengan baik setelah gol-gol oleh Sergio Ramos (penalti, menit 15) dan Paco Alcacer (17′), namun kemampuan Macedonia membalas dengan menit ke-28 lewat gol Agim Ibraimi membuat Spanyol goyah untuk sesaat.

Namun, penampilan yang meyakinkan oleh kapten Iker Casillas di bawah mistar gawang membantu Spanyol memulihkan kepercayaan diri mereka dengan permainan umpan yang cepat.

Sergio Busquets, David Silva dan Pedro Rodriguez lalu menambahkan tiga gol di menit 45, 50 dan 90 selagi Spanyol membalikkan laga itu menjadi sebuah ajang mempermalukan Makedonia.

Juga di Grup C, Slovakia menang 1-0 di Ukraina, dan Luksemburg imbang dengan Belarusia 1-1.

Robert Mak memberi Slovakia kemenangan dengan tembakan kaki kiri di menit ke-18 di laga yang dihiasi 9 kartu kuning! Sementara itu Belarus membutuhkan gol penyama kedudukan di menit 78 menit dari Stanislav Dragun untuk menyelamatkan muka mereka dari tantangan tim lemah Luksemburg. Tuan rumah sudah unggul lebih dulu di menit ke-42 dengan tendangan voli Lars Gerson.

GRUP E

Danny Welbeck mencetak dua gol guna memberikan tim Inggris kesempatan untuk lolos dari hujan kritik selagi mereka menang 2-0 di Swiss.

Welbeck meyelesaikan satu umpan Raheem Sterling di sebuah serangan balik cepat di menit ke-58 dan setelah itu memasukkan satu gol lagi dengan tembakan kaki kanan di detik-detik akhir masa injury time.

Keunggulan Inggris dijaga baik di menit 70 oleh bek Gary Cahill yang melakukan sliding untuk memblokir tembakan Josip Drmic setelah pemain pengganti Swiss itu berhasil berputar menghindari kiper Joe Hart.

Juga di Grup E, Senin, Lithuania menang 2-0 di San Marino, dan Estonia mengalahkan Slovenia 1-0.

Lithuania memperpanjang penderitaan San Marino yang selama 24 tahun tidak pernah memenangkan satu pun laga kompetitif dengan dua gol di babak pertama. Deivydas Matulevicius mencetak gol di menit kelima dan Arvydas Novikovas di menit 36.

Sementara itu Estonia mendapatkan kemenangan pada menit ke-86 dari Ats Purje untuk mengalahkan tim tamu Slovenia. Dalam ranking FIFA Estonia duduk di posisi 93, sementara Slovenia 39.

GRUP G

Gelandang Swedia Erkan Zengin mencetak gol internasional pertamanya untuk membantu timnya imbang dengan Austria 1-1 selagi Zlatan Ibrahimovic bermain tanpa gol di laga internasional ke-100-nya.

Juga di Grup G, Rusia menghempaskan Liechtenstein, sebuah negara kecil di perbatasan Swiss dan Austria, 4-0 untuk memuncaki grup setelah laga pertama ini. Di saat yang sama Montenegro mengalahkan Moldova 2-0.

Erka Zengin menguasai bola di dada sebelum menghempaskan bola melewati kiper Robert Almer di menit ke-12 untuk menyamakan skor. David Alaba telah membawa Austria memimpin lima menit sebelumnya, mencetak gol dari titik penalti setelah Sebastian Larsson memblokir sebuah umpan silang dari gelandang Austria dengan lengannya.

Ibrahimovic tidak satu kali pun memiliki kesempatan nyaris mencetak gol dan mendapatkan kartu kuning di babak pertama setelah menghantam Alaba dengan sikunya dan mengasari Martin Harnik dalam waktu dua menit.

Sementara itu Rusia unggul 2-0 oleh gol bunuh diri gelandang Liechtenstein Martin Buechel, yang membelokkan tendangan bebas Sergei Ignashevich di menit keempat, dan gol bunuh diri bek Franz Burgmeier di menit ke-50.

Dmitri Kombarov mengeksekusi penalti di menit 54 dan Artem Dzyuba mencetak gol lain 11 menit kemudian untuk menggandakan skor bagi pelatih tim, Fabio Capello.

Mirko Vucinic membawa Montenegro memimpin melawan Moldova di injury time babak pertama, dan Zarko Tomasevic menggandakan skor di menit ke-73.

Sepakbola.cc