Ex Juara Eropa Steaua Bucharest Kalah Melawan Gugatan Tentara

  Steaua Bucharest, yang pernah menjadi juara Eropa tahun 1986, kalah menghadapi gugatan tentara Rumania di pengadilan, dan mereka diberi waktu sampai dengan Senin 15 Desember untuk mengganti nama, seragam dan emblemnya. Pengadilan setempat menyatakan nama Steaua Bucharest adalah milik tentara angkatan darat Rumania, bukan milik klub tersebut. Steaua Bucharest, satu-satunya tim Rumania yang pernah memenangkan Piala […]

 

Berita Bola Internasional Liga Europa  - Ex Juara Eropa Steaua Bucharest Kalah Melawan Gugatan Tentara

Steaua Bucharest, yang pernah menjadi juara Eropa tahun 1986, kalah menghadapi gugatan tentara Rumania di pengadilan, dan mereka diberi waktu sampai dengan Senin 15 Desember untuk mengganti nama, seragam dan emblemnya.

Pengadilan setempat menyatakan nama Steaua Bucharest adalah milik tentara angkatan darat Rumania, bukan milik klub tersebut.

Steaua Bucharest, satu-satunya tim Rumania yang pernah memenangkan Piala Eropa dan memegang rekor juara nasional sebanyak 25 kali, dipaksa menjadi tim tanpa nama, tanpa seragam, dan tanpa emblem pekan lalu.

Rabu lalu, keputusan pengadilan melarang sang juara Rumania itu menggunakan semua identitas masa lalunya.

Tim diidentifikasi hanya sebagai “tuan rumah” saat kemenangan hari Minggu 1-0 atas tim CSMS Iasi dan bermain dengan baju seragam kuning, bukan merah biru yang legendaris.

Ratusan penggemar berteriak “Kami adalah Steaua!” sebelum pertandingan dan fans yang lain mengangkat banner bertuliskan “Sejarah hidup melalui kita!”

Steaua didirikan tahun 1948 sebagai klub sepakbola militer oleh Valentin Ceausescu, putra sulung dari pasangan Nicolae Ceausescu dan Elena, yang dieksekusi massa pada Desember 1989 sebagai bagian dari pemberontakan anti-komunis.

Steaua pernah memenangkan Piala Eropa pada tahun 1986, mengalahkan Barcelona dalam adu penalti di final.

Red Star Belgrade adalah satu-satunya klub Eropa Timur lainnya telah memenangkan kompetisi klub utama Eropa, mengalahkan Marseille pada tahun 1991, juga dalam adu penalti setelah imbang tanpa gol.

Pada hari Senin, kementerian pertahanan Rumania setuju untuk melakukan penangguhan selama satu minggu yang memungkinkan klub untuk terus menggunakan identitas tentaranya hingga 15 Desember.

Steaua masih dapat menggunakan nama, lambang dan warna khasnya ketika bermain melawan Dinamo Kiev dalam pertandingan Liga Europa di Bucharest, Jumat pagi WIB tadi.

Steaua berubah menjadi sebuah perusahaan swasta pada tahun 1998 sebelum beralih menjadi perusahaan publik pada tahun 2003 di bawah kepemimpinan pemilik yang eksentrik, Gigi Becali.

Berita Bola Internasional Liga Europa  - Ex Juara Eropa Steaua Bucharest Kalah Melawan Gugatan Tentara

Kiprah Gigi Becali sebagai politisi diwarnai tuduhan anti-Yahudi dan anti-homo. Ia melarang lagu-lagu band Queen diputar di Stadion Steaua karena orientasi homoseksual Freddie Mercury. Dia saat ini sedang dipenjara untuk berbagai kasus penyalahgunaan kekuasaan.

Kepemilikan mayoritas Becali menyebabkan tentara Angkatan Darat kurang puas. Mereka meluncurkan sebuah gugatan hukum terhadap penggunaan nama Steaua, lambang dan seragam khas mereka, dan pengadilan kini telah memenangkan pihak militer.

Pihak tentara angkatan darat Rumania meminta dana kompensasi jutaan Euro untuk hak-hak yang diingkari pemilik selama ini. Namun Gigi Becali mengatakan dia tidak mampu membayarnya.

Steaua saat ini berada puncak Liga Rumania, selisih sembilan poin dari urutan kedua CFR Cluj.

Sepakbola.cc