Hasil Liga Europa: Juventus Tersingkir, Benfica ke Final

5

  Benfica berhasil melaju ke final Europa League untuk kedua kalinya secara beruntun, setelah menahan imbang 0-0 Juventus di leg kedua, yang dimainkan di Juventus Stadium. Juventus sebenarnya hanya butuh kemenangan 1-0 untuk melenggang langsung ke final, setelah di leg pertama mampu mencuri satu gol dari kekalahan 2-1 atas Benfica. Namun, diusirnya Enzo Perez di menit […]

Hasil Liga Europa: Juventus Tersingkir, Benfica ke Final - berita Berita

 

Benfica berhasil melaju ke final Europa League untuk kedua kalinya secara beruntun, setelah menahan imbang 0-0 Juventus di leg kedua, yang dimainkan di Juventus Stadium. Juventus sebenarnya hanya butuh kemenangan 1-0 untuk melenggang langsung ke final, setelah di leg pertama mampu mencuri satu gol dari kekalahan 2-1 atas Benfica.

Namun, diusirnya Enzo Perez di menit 67, gagal dimanfaatkan Bianconeri yang unggul jumlah pemain dan Benfica pun lolos dengan keunggulan agregat gol 2-1 meski Juventus telah menurunkan susunan pemain terbaiknya, termasuk duet juru gedor andalan, Fernando Llorente dan Carlos Tevez.

Meski terus menyerang, Juve tak bisa menembus kokohnya tembok pertahanan yang dibangun Benfica. Benfica, meski dapat lolos dengan skor 0-0, tidak bermain aman dan justru membuat Juve tertekan di menit-menit awal.

Memasuki menit 30, Nyonya Tua berhasil mengambil alih serangan dan mendominasi permainan. Beberapa kali Juventus menciptakan peluang bagus namun finishing mereka yang kurang maksimal membuat skor tak berubah.

Peluang Leandro Bonucci yang mampu menyundul bola dengan baik pun melalui sepak pojok, tetap tak dapat menembus gawang Benfica yang dikawal oleh Jan Oblak. Babak pertama ditutup dengan skor 0-0. 

Memasuki babak kedua, Hujan mulai membasahi Juventus Stadium.  Juve semakin gencar menyerang ke pusat pertahanan Benfica, dan Benfica pun menghadapinya dengan menumpuk pemain di sekitar kotak penalti.

Benfica harus bermain dengan 10 orang sejak menit 67, saat salah satu pemainnya, Enzo Perez mendapatkan kartu merah. Kartu kuning sebelumnya didapat Perez, enam menit berselang. Lima pergantian dilakukan kedua tim dalam durasi sepuluh menit setelah kartu merah itu.

Unggul jumlah pemain dan ingin mengejar ketertinggalan gol, Conte memasukkan Sebastian Giovinco menggantikan Leandro Bonucci yang notabene seorang bek. Namun hingga menit 77, Arturo Vidal dkk masih sulit menembus pertahanan Benfica.

Juve sebenarnya mencetak gol pada menit ke-81 melalui gol Pablo Osvaldo. Gol itu dianulir wasit karena Paul Pogba yang memberikan umpan kepada Osvaldo sudah berada dalam posisi offside.

Sebuah keributan terjadi di bangku cadangan saat bola ke luar lapangan di menit 88. Mirko Vucinic dan Lazar Markovic saling beradu mulut dan keduanya mendapatkan kartu merah dari Clattenburg.

Ezequiel Garay juga terpaksa ditandu keluar lapangan akibat mengalami cedera dan Benfica pun harus bermain dengan sembilan orang, karena Jorge Jesus sudah menggunakan tiga pergantian pemainnya. 

Meski terus ditekan, Benfica mampu mempertahankan keunggulannya dan lolos ke final.  Skuad Juventus harus tertunduk lesu di akhir pertandingan dengan skor 0-0 yang membuat Benfica ke final, setelah unggul agregat 2-1.

Susunan pemain Juventus: Buffon; Caceres, Bonucci Giovinco, 73′), Chiellini; Pirlo; Lichtsteiner, Vidal (Marchisio, 79′), Pogba, Asamoah; Tevez, Llorente (Osvaldo, 78′).

Susunan pemain Benfica: Oblak; Pereira, Luisao, Garay, Siqueira; Perez, Amorim, Gaitan (Salvio, 77′); Markovic (Sulejmani, 89′), Lima, Rodrigo (Almeida, 69′).