30 Pemain Muda Papua Dipromosikan ke Eropa

  • Sebanyak 30 pemain muda asal Papua, berusia antara 17-19 tahun akan dikirim ke Belanda untuk mengikuti pelatihan selama enam bulan di markas klub terkenal Belanda, Ajax Amsterdam.

Liga Indonesia  - 30 Pemain Muda Papua Dipromosikan ke Eropa

Sebanyak 30 pemain muda asal Papua, berusia antara 17-19 tahun akan dikirim ke Belanda untuk mengikuti pelatihan selama enam bulan di markas klub terkenal Belanda, Ajax Amsterdam.

Proyek ini adalah hasil kerja sama Asosiasi Mantan Pemain Persipura (AMPP) dengan Reliv Christa Fc Holandia Papua Indonesia dan AFA Sport Management Netherland. Tujuannya adalah untuk memajukan sepakbola di tanah Papua.

Para pemain yang dikirim itu nantinya juga akan dipromosikan menjadi pemain profesional di tingkat Eropa.

Wakil Ketua AMPP Nico Dimo mengatakan pihaknya telah melakukan seleksi pemain-pemain muda berusia 17-19 tahun sejak Senin (9/2/2015). Ada 500 pemain yang diseleksi, dan nantinya hanya akan terjaring 30 pemain terbaik. Mereka itulah yang akan dikirim ke Belanda.

“Dari 500 lebih pemain muda Papua yang ikut seleksi, kini yang terjaring tinggal 165 pemain. Pada pekan depan akan dilakukan seleksi tahap akhir untuk menentukan 30 pemain yang akan berangkat ke Belanda,” kata Nico Dimo seperti dikutip dari Kompas.com.

“Jadi, AMPP dengan Reliv Christa Fc bekerjasama dengan AFA Sport Management Netherland untuk mewujudkan usaha kami di Belanda. AFA Sport Management merupakan salah satu organisasi sepak bola yang diakui oleh KNVB (PSSI-Belanda) dan juga diakui oleh FIFA,” tutur mantan penjaga gawang Persipura Jayapura era 1980-an tersebut.

Lebih lanjut, Nico Dimo menjelaskan, setelah dilakukan penjaringan pemain muda asal Papua itu akan diboyong ke markas klub elit Belanda Ajax Amsterdam selama enam bulan guna mengikuti latihan secara intensif.

“Jadi setiap hari setelah tiba di Belanda, pemain muda Papua akan berlatih. Dan tiap Jumat dan Sabtu, akan uji tanding dengan klub-klub elit di Eropa, seperti Ajax, PSV Eindohoven, Real Madrid dan Barcelona,” tuturnya.

Nico Dimo menambahkan jika pemain-pemain muda asal Papua itu berhasil dilirik oleh klub-klub Eropa, maka mereka akan dikontrak selama setahun.