FIFA Akan Bentuk Tim Ad-Hoc Untuk Reformasi Sepak Bola Indonesia

Berakhir sudah rangkaian pertemuan delegasi FIFA dengan para pemangku kepentingan sepakbola di Indonesia, Selasa (3/11/2015). Salah satu hasil pertemuan tersebut adalah FIFA akan membentuk sebuah Tim Ad-Hoc.

Liga Indonesia  - FIFA Akan Bentuk Tim Ad-Hoc Untuk Reformasi Sepak Bola Indonesia

Berakhir sudah rangkaian pertemuan delegasi FIFA dengan para pemangku kepentingan sepakbola di Indonesia, Selasa (3/11/2015). Salah satu hasil pertemuan tersebut adalah FIFA akan membentuk sebuah Tim Ad-Hoc.

Setelah kemarin bertemu dengan PSSI dan berlanjut dengan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (2/11/2015) kemarin, delegasi FIFA melanjutkan pertemuannya dengan pihak PT Liga, Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI), dan Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) pada Selasa (3/11).

Sayangnya usai melakukan serangkaian pertemuan itu, delegasi FIFA tak mau membeberkan hasil pertemuan mereka dengan semua pemangku kepentingan kepada media.

Namun berdasarkan keterangan ketua umum PSSI, La Nyalla Mahmud Mattalitti, yang mewakili PSSI dalam pertemuan dengan delegasi itu mengatakan bahwa FIFA akan segera membentuk Tim Ad-Hoc guna mereformasi sepakbola Indonesia

Tim Ad-Hoc bentukan FIFA itu tampaknya sejalan dengan ide tim kecil yang digagas oleh Presiden RI, Joko Widodo, saat bertemu delegasi itu kemarin.

Tapi berbeda dari keterangan pihak Pemerintah sebelumnya, yang menyebut bahwa PSSI tidak akan dilibatkan dalam tim tersebut, La Nyalla menegaskan FIFA ingin PSSI juga terlibat di dalamnya. Intinya, tim tersebut terdiri dari seluruh pemangku kepentingan sepakbola di Indonesia.

“Tim Ad-Hoc ini fungsinya untuk mereformasi sepakbola Indonesia. Mereka sudah harus terbentuk sebelum tanggal 13 November 2015. Mereka bekerja sampai sebelum Kongres FIFA pada Februari 2016,” jelas La Nyalla, kepada wartawan di Jakarta, Senin (3/11/2015) sore.

“Berdasarkan hasil rapat kami dengan FIFA tadi, tim ini ada sembilan orang. Unsurnya terdiri dari pihak independen yang ditunjuk oleh FIFA, PSSI, pemain, wasit, media, pelatih, PT Liga Indonesia, Pemerintah.”

“Tim ini merupakan bentukan FIFA, dan tim ini tetap di bawah naungan Statuta FIFA,” jelas La Nyalla.

Sepakbola.cc