Ini Hasil Pertemuan Presiden dengan Delegasi FIFA

Delegasi FIFA dan AFC sudah mengadakan pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (2/11/2015). Apakah hasil dari pertemuan itu menyelesaikan kisruh persepakbolaan Indonesia?

Liga Indonesia  - Ini Hasil Pertemuan Presiden dengan Delegasi FIFA
Ilustrasi

Delegasi FIFA dan AFC sudah mengadakan pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka, Senin (2/11/2015). Apakah hasil dari pertemuan itu menyelesaikan kisruh persepakbolaan Indonesia?

Dalam pertemuan itu Presiden Jokowi didampingi oleh Menpora Imam Nahrawi dan Kepala Staf Presiden, Teten Masduki.

Seusai pertemuan itu Teten Masduki mengatakan delegasi FIFA dan AFC memahami kebutuhan Indonesia untuk mereformasi persepakbolaannya. Karena itulah mereka setuju atas rencanan pembentukan tim kecil yang digagas pemerintah Indonesia. Tim kecil selanjutnya akan terus berkomunikasi dengan FIFA dalam menyelesaikan kisruh persepakbolaan Indonesia.

“Presiden akan membentuk satu tim kecil untuk mencari solusi terbaik antara pemerintah Indonesia dan FIFA mengenai PSSI,” kata Teten di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/11/2015) seperti dikutip dari Kompas.com.

Teten menyampaikan, tim kecil itu akan dibentuk oleh Presiden Jokowi. Meski demikian, saat ini ia mengaku belum dapat menjelaskan lebih jauh mengenai anggota tim yang direncanakan itu. “Tim ini akan dibentuk untuk mencari jalan keluar yang terbaik,” ucapnya.

Selanjutnya Teten Masduki mengatakan bahwa dalam pertemuan itu Presiden Joko Widodo menyampaikan ketidakpuasan terhadap Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

“Tadi, Presiden Jokowi sampaikan bahwa kami tidak puas pada reputasi PSSI,” kata Teten Masduki, di Istana Merdeka.

“Presiden juga mengungkapkan keinginan pemerintah untuk mereformasi persepakbolaan Indonesia. Tujuannya agar sepak bola Indonesia dapat bersaing dalam laga internasional,” tambah Teten.

“Namun, sayangnya, PSSI kurang merespons dengan baik. Oleh karena itu, Presiden memahami mengapa Menpora melakukan pembekuan (PSSI),” ujarnya.

Sementara itu, Menpora Imam Nahrawi menyampaikan bahwa FIFA ingin mencari tahu secara utuh kisruh persepakbolaan Indonesia. Ia mengungkapkan bahwa FIFA terkejut saat mengetahui adanya indikasi pengaturan skor, judi bola, pembayaran gaji yang telat, dan tidak transparannya keuangan PSSI.

“Tentu (hal itu) jadi catatan penting. Mereka sangat terkejut mendengar apa yang kami sampaikan,” kata Imam Nahrawi.

Delegasi FIFA dan AFC dipimpin Kohzo Tashima (FIFA), H.R.H Prince Abdullah (FIFA), Mariano V Araneta (AFC), James Johnson (AFC), Sanjeevan (AFC), dan John Windsor (AFC).