Bobotoh Persib Bandung Dilarang Gunakan Atribut

Komisi Disiplin PSSI memerintahkan para suporter Persib Bandung untuk tidak memakai atribut pada tiga laga Liga 1 Indonesia selanjutnya.

Liga Indonesia  - Bobotoh Persib Bandung Dilarang Gunakan Atribut

Komisi Disiplin (Komdis) PSSI memberikan sanksi kepada bobotoh Persib Bandung agar tidak menggunakan atribut apapun ketika menonton di tiga pertandingan Liga 1.

Keputusan tersebut diambil setelah Komdis melakukan sidang di Yogyakarta, Selasa (13/06) kemarin.

Pelarangan tersebut merupakan buntut dari masuknya segelintir bobotoh ke dalam lapangan dan menyalakan suar kala berhadapan dengan Bhayangkara FC di Stadion Candrabhaga, Bekasi, Minggu (04/06) lalu.

Kabarnya aksi tersebut merupakan buntut dari kekecewaan para bobotoh karena kalah dua gol tanpa balas dan juga kekalahan dari Bali United.

Selain itu para suporter pun kecewa dengan permainan Maung Bandung yang menurutnya tidak mencerminkan sebuah klub besar sehingga pelatih Djadjang Nurdjaman sempat meminta untuk mundur ke manajemen PT PBB.

Kabarnya, atas putusan Komdis ini, maka para fans Persib tidak bisa memakai jersey, syal, spanduk atau apapun yang memperlihatkan sebagai bobotoh di laga melawan Barito Putera, PSM Makassar dan Madura United.

Ternyata bukan hanya para suporter, Persib sendiri pun terkena dampaknya dengan denda sebesar Rp45 juta karena alasan serupa.

Panitia pelaksana pertandingan Bhayangkara FC pun kena getahnya, karena para penonton bisa lepas dari pengawasan sehingga bisa masuk ke dalam lapangan sehingga didenda Rp15 juta.

Menanggapi sanksi pelarangan tersebut, bobotoh mengaku siap untuk menjalankan hukuman itu, seperti dikutip dari Simamaung, meski sedikit penuh kebingungan.

“Kecewa, soalnya pemberitahuannya enggak jelas, [apakah] ini untuk pertandingan kandang atau tandang? Untuk teman-teman sendiri besok kami tegaskan atribut boleh dibawa. Tapi kalau memang dilarang Panpel sana, baiklah kita tanpa atribut, tetap mematuhinya,” ujar Devis dari Viking Borneo.

Pelarangan tanpa atribut seperti ini pernah dijalani Persib pada babak semi-final 2014 silam, dan diakali dengan aksi buligur alias tanpa mengenakan baju selama di dalam Stadion Jakabaring melawan Arema Cronus.