Cristian Gonzales Mulai Rintis Lisensi Pelatih

Cristian Gonzales mulai rintis lisensi kepelatihan AFC, dan bertekad lahirkan pemain berkualitas untuk Indonesia.
Cristian Gonzales mulai rintis lisensi kepelatihan AFC, dan bertekad lahirkan pemain berkualitas untuk Indonesia.

Gilabola.com – Pemain Madura United Cristian Gonzales memulai kursus kepelatihan Lisensi C AFC dan bertekad lahirkan para pemain berkualitas untuk Indonesia.

Adapun kursus kepelatihan Lisensi C AFC yang diikuti Gonzales itu digelar PSSI di Sawangan, Depok. Kursus itu juga diikuti beberapa eks pemain Timnas Indonesia dan sejumlah pemain yang masih aktif, di antaranya Ferri Rotinsulu, Muhammad Nasuha, Taufiq Kasrun, Nasrul Koto dan Berti Tutuarima.

Sementara, Gonzales jadi pemain naturalisasi pertama yang ikuti kursus kepelatihan ini. Pemain itupun sangat bersyukur dan berterima kasih pada PSSI serta klubnya, Madura United, yang memberinya kesempatan untuk ikuti program kepelatihan ini.

“Saya sangat senang dibantu PSSI ikuti kursus pelatih C AFC ini. Klub saya (Madura United) juga mendukung penuh. Sebentar lagi mungkin saya pensiun sebagai pemain, setelah itu saya ingin jadi pelatih untuk hasilkan pemain-pemain yang bagus untuk Indonesia,” tandas pemain asal Uruguay ini.

Ia menambahkan, sepakbola Indonesia sudah memberi banyak padanya. Dia juga sangat bangga diberi kesempatan untuk bisa membela Timnas Indonesia. Namun, kini, Gonzales ingin memberi sesuatu untuk sepakbola Indonesia, dengan menjadi pelatih dan membantu hasilkan pemain-pemain andal.

Advertisement

Menurut Direktur Teknik PSSI, Danurwindo, pada tahun 2018 ini PSSI akan banyak menggelar kursus pelatih berlisensi AFC, mulai dari C,B,A dan Pro AFC. “Kami berharap semakin banyak jumlah pelatih dengan lisensi AFC. Ini akan menjadi hal positif dalam pengembangan sepakbola Indonesia. Selain itu, dalam kursus C AFC dan D Nasional materi filosofi sepakbola Indonesia (Filanesia) juga telah diberikan,” tandasnya.

Filanesia merupakan filosofi yang akan menjadi pondasi dan karakter sepakbola Indonesia, baik untuk pembinaan usia dini hingga profesional dari segi individu maupun tim.