Essien dan Cole Belum Punya KITAS, Seharusnya Tak Sah Lawan Arema

Terungkap bahwa dua bintang baru Persib Persib Bandung, Michael Essien dan Carlton Cole, belum memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

Liga Indonesia  - Essien dan Cole Belum Punya KITAS, Seharusnya Tak Sah Lawan Arema

Terungkap bahwa dua bintang baru Persib Persib Bandung, Michael Essien dan Carlton Cole, belum memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS). Dokumen tersebut adalah syarat bagi seorang pemain asing untuk bisa bermain di Liga Indonesia.

Berita Bola, Liga Indonesia – Soal belum dimilikinya KITAS oleh dua pemain termahal Persib tersebut diketahui setelah Kantor Imigrasi 1 Bandung melakukan pemeriksaan, Senin (17/4). Padahal kedua pemain tersebut sudah dimainkan saat Persib menjamu Arema FC pada laga pertama Liga 1 Indonesia, Sabtu (15/4) lalu.

Seperti dilansir Viva.co, Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi 1 Bandung, Agustianur, menjelaskan sampai sekarang belum ada sponsor yang mengajukan permohonan KITAS untuk kedua pemain itu. Dia pun mengimbau agar Essien dan Cole segera memenuhi kelengkapan dokumen tersebut.

“Mungkin, mereka sudah punya izin tinggal di Indonesia. Tapi, untuk perizinan melaksanakan kegiatan belum keluar. Mereka wajib punya KITAS karena profesional,” kata Agustianur.

Pihak Imigrasi Bandung akan memanggil perwakilan PT Persib Bandung Bermartabat, selaku lembaga yang mengontrak Essien dan Cole. “Kami mau klarifikasi sejauh mana pihak terkait mengurusnya. Kami memang tahu mereka akan mengontrak pemain asing. Tapi, belum ada yang lapor,” jelas Agustianur.

Dengan belum dikantonginya KITAS itu maka menurut peraturan, Persib Bandung seharusnya tak boleh menurunkan Essien dan Cole saat melawan Arema FC. Sekjen Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), Heru Nugroho, mengatakan kedua pemain ini seharusnya tidak bisa bermain karena belum memiliki Kartu Tinggal Izin Sementara (Kitas).

BOPI sebenarnya sudah sejak awal bersepakat dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB) saat memberikan rekomendasi bergulirnya Liga 1. Dalam kesepakatan itu disebutkan bahwa pemain asing yang belum memiliki KITAS dilarang untuk diturunkan. Di dalam kesepakatan itu juga tertulis soal sanksinya, di mana operator akan memberi sanksi kepada klub.

“Kami akan laporkan persoalan ini ke Direktorat Jendral Imigrasi. Semoga Ditjen Imigrasi mau menindak kasus ini. Masa ada orang kerja profesional di negara kita tidak pakai surat-surat,” kata Heru kepada wartawan.