Fox International Channels Akan Lebih Perhatikan Selera Pasar Indonesia

  Fox International Channels (FIC) kini kian berusaha untuk lebih memperhatikan selera pasar Indonesia dengan semakin memperbanyak tayangan terbaik mereka. Bila melihat perkembangan, pangsa pasar televisi berbayar di Indonesia baru berkisar di angka 8 persen (3 juta dari 40 juta jumlah rumah tangga yang memiliki televisi). Namun dengan terus berkembangnya jaringan televisi berbayar, kemajuan teknologi, […]

Fox International Channels Akan Lebih Perhatikan Selera Pasar Indonesia

 

Fox International Channels (FIC) kini kian berusaha untuk lebih memperhatikan selera pasar Indonesia dengan semakin memperbanyak tayangan terbaik mereka.

Bila melihat perkembangan, pangsa pasar televisi berbayar di Indonesia baru berkisar di angka 8 persen (3 juta dari 40 juta jumlah rumah tangga yang memiliki televisi). Namun dengan terus berkembangnya jaringan televisi berbayar, kemajuan teknologi, pertumbuhan ekonomi, dan kebiasaan menonton, Indonesia menjelma menjadi pasar yang potensial.

Atas pertimbangan tersebut, FIC menyadari penonton Indonesia juga sangat memerlukan konten lokal dan tayangan yang memang pas untuk selera masyarakat Indonesia.

Hingga kini, saluran Fox dan Star Sports telah memasukkan sejumlah tayangan yang memang didasarkan pada permintaan penonton Indonesia. Salah satu contoh dari keberhasilan strategi inisiatif lokal yang dilakukan FIC Indonesia adalah dengan menayangkan Badminton World Federation (BWF) secara eksklusif, khusus untuk pemirsa Indonesia.

Pada pergelaran All England Maret 2014 lalu, FIC ikut menggandeng para legenda bulu tangkis Indonesia untuk melakukan promo secara on air serta melakukan liputan pertandingan langsung dengan komentator yang juga berbahasa Indonesia.

Kedepannya, tidak tertutup kemungkinan bagi FIC untuk ikut mempertimbangkan penayangan kompetisi sepakbola tanah air. Hal ini akan semakin baik bila ditunjang dengan kondisi dunia sepakbola tanah air yang mau untuk berubah menjadi lebih baik dan dewasa lagi.

Penerapan strategi inisiatif lokal pada beberapa saluran pilihan ini juga membuka peluang-peluang lain, seperti fleksibilitas jam tayang untuk menyesuaikan dengan primetime lokal, konten promo, serta kesempatan sponsorship yang terintegrasi dengan pasar lokal, hingga nantinya ada kesempatan memproduksi acara sendiri.

Setelah Fox dan Star Sports, dua saluran andalan lainnya, yaitu National Geographic dan Starworld juga dipersiapkan untuk memenuhi selera pasar Indonesia.

Demi melancarkan niat baik ini, FIC mulai diperkuat eksekutif lokal yang memang mengetahui selera pasar lokal dengan baik. Kurang lebih ada 14 karyawan WNI yang tergabung di FIC untuk mengembangkan saluran dan program di FIC lebih jauh lagi.

“FIC Indonesia mengerti pentingnya sudut pandang dari para sumber daya manusia lokal. Dengan memperkerjakan sumber daya manusia lokal yang penuh talenta dan kreatif, tentunya bisa membantu kami untuk lebih mengerti dan memberikan layanan lebih baik bagi para penonton setia FIC di Indonesia,” jelas Cam Walker, VP Territory Head Fox Channels International Indonesia, kepada gilabola.com di sela-sela acara Entriptainment di Bali, 4-6 April 2014.

“Harapan kita tentu akan menjadi nomor satu, karena nomor dua bukan tujuan kami,” pungkasnya mantap.

Sepakbola.cc