Gara-gara kematian fans Viking, polisi kerepotan

17

Dampak dari kematian seorang fans Viking di laga Persija vs Persib Minggu 27 Mei 2012 lalu terasa sampai hari ini. Tidak kurang dari 1.000 personil polisi disebar dan disiagakan saat laga Persib vs Mitra Kukar di Stadion Siliwangi, Bandung, Sabtu sore tadi. Apalagi di saat yang sama tersebar broadcast di Blackberry perihal rencana fans Viking […]

Liga Indonesia  - Gara-gara kematian fans Viking, polisi kerepotan

Dampak dari kematian seorang fans Viking di laga Persija vs Persib Minggu 27 Mei 2012 lalu terasa sampai hari ini. Tidak kurang dari 1.000 personil polisi disebar dan disiagakan saat laga Persib vs Mitra Kukar di Stadion Siliwangi, Bandung, Sabtu sore tadi.

Apalagi di saat yang sama tersebar broadcast di Blackberry perihal rencana fans Viking merazia mobil-mobil plat B yang berada di sekitar Stadion Siliwangi. Kabar itu sudah dibantah Kasatlantas Poltabes Bandung yang namanya dicatut dalam broadcast tersebut sebagai tidak benar, atau hoax saja.

Viking sebagai organisasi resmi pendukung Persib juga membantah kabar itu. Sebaliknya mereka malah melakukan aksi membagikan bunga mawar tanda perdamaian di pintu tol Pasteur, pintu masuk utama Bandung dari tol Cipularang, sepanjang hari Sabtu.

Para pemain Persib sendiri menyatakan dukacita atas kematian fans Viking, Rangga Cipta Nugraha (22), dengan cara mengenakan pita hitam di lengan saat pertandingan melawan Mitra Kukar tersebut.

Pita hitam bukan hanya dikenakan para pemain, tapi juga ofisial pertandingan.

Laga itu sendiri berakhir 5-0 untuk kemenangan tuan rumah. Ini merupakan kemenangan terbesar Persib musim ini, yang sementara tertahan di posisi 7 klasemen. Mitra Kukar di posisi 9 klasemen.

Kerepotan yang dirasakan aparat kepolisian terlihat dari jumlah personil dan luasnya penjagaan. Tidak kurang dari kawasan utama alun-alun, Jl Asia Afrika, Jl Merdeka, Jl Braga dan sekitarnya tidak luput dari penjagaan polisi dalam jumlah mencolok.

Bandung hanya berjarak 1 atau 2 jam berkendara mobil dari Jakarta. Biasa dijadikan sebagai tujuan wisata akhir pekan oleh warga Jakarta. Jika terjadi ketegangan maka yang rugi adalah para pedagang di Bandung karena kehilangan peluang pendapatan.