Gonta-ganti Pelatih Pengaruhi Persiapan Timnas Hadapi Arab Saudi

11

Pergantian pelatih timnas Indonesia terjadi lima hari menjelang laga Pra Piala timnas Indonesia melawan Arab Saudi. Pergeseran posisi itu diyakini akan memperngaruhi persiapan ‘Skuat Garuda’. Meski belum ada pengumuman resmi dari PSSI, Rahmad Darmawan (RD) sudah menggantikan pelatih asal Argentina, Luis Manuel Blanco, memimpin latihan timnas. RD yang merupakan mantan pelatih timnas U-23 di ajang […]

Pergantian pelatih timnas Indonesia terjadi lima hari menjelang laga Pra Piala timnas Indonesia melawan Arab Saudi. Pergeseran posisi itu diyakini akan memperngaruhi persiapan ‘Skuat Garuda’.

Meski belum ada pengumuman resmi dari PSSI, Rahmad Darmawan (RD) sudah menggantikan pelatih asal Argentina, Luis Manuel Blanco, memimpin latihan timnas.

RD yang merupakan mantan pelatih timnas U-23 di ajang Sea Games 2011 lalu itu sudah mulai menangani timnas di Lapangan C, Senayan, Senin (18/3/2013) sore kemarin.

Penunjukkan RD ini diyakini sebagai buntut keputusan Blanco mencoret sejumlah pemain karena dinilai bertindak indisipliner.

Pelatih yang pernah membawa Persipura Jayapura dan Sriwijaya FC meraih juara Liga Indonesia itu dianggap akan mampu mempersiapkan timnas dengan optimal menjalang laga melawan Arab Saudi, Sabtu (23/3) akhir pekan ini.

Tapi dengan kondisi manajemen timnas yang tidak kondusif, maka secara langsung berimbas pada persiapan timnas yang bakal tidak optimal. Hal itu seperti diungkapkan oleh pengamat sepakbola, Mohamad Kusnaeni, yang akrab disapa Bung Kus.

“(Pergantian pelatih ini) sangat besar pengaruhnya. Asumsi bahwa Rahmad Darmawan akan membawa tim akan bermain lebih baik belum tentu benar,” terang Bung Kus saat dihubungi detikSport, Selasa (19/3/2013) siang WIB.

“Blanco belum tentu salah dengan memberikan latihan fisik. Dia pasti sudah mengukur calon lawan yang akan dihadapi, yakni Arab Saudi.”

“Kewenangan pelatih sebenarnya merupakan wilayah yang tidak boleh dicampuri. Dengan persiapan yang amburadul ini jadi tidak bisa diukur kekuatan timnas jika dibandingkan dengan calon lawan,” terangnya.