Hasil Persija vs PSMS Medan, Skor 1-0

Gilabola.com – Hasil pertandingan Persija Jakarta vs PSMS Medan pada semifinal leg kedua Piala Presiden 2018 yang berlangsung Senin (12/2) sore di Stadion Manahan, Solo. Pertandingan dimenangkan oleh Persija dengan skor 1-0, agregat 5-1.

PSMS Medan yang butuh empat gol tanpa balas usai kalah 1-4 di leg pertama Sabtu (10/2) lalu, langsung tampil agresif sejak kick-off. Tapi, mereka masih sulit menembus pertahanan kokoh Tim Macan Kemayoran.

Tim Ayam Kinantan yang bertindak sebagai tim tamu terus menekan pertahanan Macan Kemayoran sepanjang 15 menit pertama. Tapi lini pertahanan Persija yang begitu solid membuat serangan PSMS menjadi mentah sebelum mengancam gawang Andritany Adiaksa.

Peluang pertama Persija didapat striker Marko Simic di menit ke 18. Sayang tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti meneruskan umpan sodoran Rico Simanjuntak masih mengarah di samping gawang.

Sebuah peluang didapat PSMS lewat Legimin Raharjo sesaat sebelum water break. Namun tembakan kerasnya dari luar kotak penalti bisa diamankan dengan sempurna oleh kiper Andritany.

Advertisement

Setelah water break jalannya pertandingan makin menarik. Dua ancaman serius didapat Persija melalui Marko Simic di menit ke 32. Tapi ancamannya masih bisa diantisipasi dengan baik oleh lini pertahanan PSMS.

Dalam 10 menit terakhir babak pertama, PSMS Medan lebih mendominasi penyerangan. Sedikitnya tiga peluang didapat tim besutan Djadjang Nurdjaman, namun semuanya berhasil digagalkan oleh kiper Persija..

Hingga peluit akhir babak pertama berbunyi, tak ada gol yang tercipta. Kedudukam masih imbang 0-0, dan Persija untuk sementara tetap unggul agregat 4-1.

Memasuki babak kedua, pertandingan berjalan dalam tempo tinggi. Kedua tim bermain terbuka dan saling menyerang untuk mencari gol di menit-menit awal.

Persija mendapat peluang tendangan bebas sedikit dari luar kotak penalti di menit ke 47 setelah Ramdani Lestaluhu dijatuhkan lawan. Tapi bola tembakan Marko Simic masih membentur pagar pemain PSMS dan gagallah Persija mendapatkan gol.

GOL! Persija memimpin 1-0 di menit ke 60. Riko Simanjuntak yang berhasil masuk di sisi kiri kotak penalti PSMS Medan, menyodorkan umpan manis di depan mulut gawang. Bola dengan mudah disambar masuk oleh Marko Simic dan gol. Ini menjadi gol ke 9 Simic di Piala Presiden 2018 dan menjadi top skorer sementara.

Andritany Ardhiyasa melakukan penyelamatan gemilang di menit ke 67. Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Wilfred Yessioh, Andritany masih bisa menghadang bola tendangan dari jarak dekat di dalam kotak penalti.

Bambang Pamungkas yang masuk menggantikan Simic di menit ke 66, dua kali mengancam gawang PSMS di lima menit pertama. Yang pertama, sundulannya meneruskan umpan silang Ramdani masih melayang di atas gawang di menit ke 69, dan semenit kemudian tembakan kaki kanannya hanya menerpa samping kiri jala gawang PSMS.

Kembali Andritany melakukan penyelamatan gemilang di menit ke 79. Dia berhasil merebut bola dengan kedua tangan dari penguasaan Frets Listanto Butuan yang sudah berhasil melewatinya di dalam kotak terlarang.

Pada 10 menit terakhir, kedua tim meningkatkan penyerangan. Sejumlah peluang didapat, namun gagal membuahkan gol. Hingga wasit meniupkan peluit akhir, tak ada gol tambahan yang tercipta. Persija tetap unggul 1-0 dan berhak lolos ke final dengan agregat gol 5-1.

Susunan pemain Persija Jakarta vs PSMS Medan:

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Danny Saputra, Ismed Sofyan, Jamerson Da Silva, Maman Abdul Rahman; Arthur Barros Bonai, Asri Akbar, Ramdani Lestaluhu, Yan Pieter Kornelis; Marco Simic, Riko Simanjuntak

PSMS Medan: Dhika Bayangkara; Muhamamd Roby, Roni Fatahilah, Abdul Aziz Lutfi Akbar, Fredyan Wahyu Sugiyanto, Gusti Sandria, Legimin Raharjo, Muhammad Alwi Slamat; Nguessan Kissito Wilfred Yessioh, Frets Listanto Butuan; Sadney Khoetahe Urikhob