Indonesia Tersisih Dari Piala Asia U19

7

Tim Indonesia U-19 tersisih dari Piala Asia setelah menelan kekalahan 0-1 vs Australia U19, Minggu sore WIB. Hasil apa pun setelah ini tidak akan berhasil meloloskan Indonesia karena Australia memuncaki klasemen dengan 4 poin, disusul dua tim lain Uzbekistan 3 poin dan Uni Emirat Arab 1 poin, sementara Indonesia masih nol poin. Dibandingkan laga sebelumnya […]

Indonesia Tersisih Dari Piala Asia U19 - berita Liga Indonesia

Tim Indonesia U-19 tersisih dari Piala Asia setelah menelan kekalahan 0-1 vs Australia U19, Minggu sore WIB.

Hasil apa pun setelah ini tidak akan berhasil meloloskan Indonesia karena Australia memuncaki klasemen dengan 4 poin, disusul dua tim lain Uzbekistan 3 poin dan Uni Emirat Arab 1 poin, sementara Indonesia masih nol poin.

Dibandingkan laga sebelumnya melawan Uzbek, pada laga ini tim Indonesia tampil lebih gigih dan bermain lepas.

Tercatat setidaknya ada dua kesempatan Indonesia berpeluang mencetak gol, yakni di menit ke-42 dan menit ke-45 babak pertama. Di kesempatan pertama salah satu pemain Garuda Jaya, Ilham Udin menendang bola ke arah gawang lawan namun membentur badan satu pemain Australia. Di kesempatan kedua giliran Paulo Sitanggang menyambar satu tembakan keras ke arah gawang tapi masih bisa diselamatkan kiper Jordan Thurtell.

Sisanya adalah permainan yang didominasi Australia. Justru barisan belakang Indonesia yang harus dipuji karena sepanjang babak pertama setidaknya ada dua penyelamatan gemilang. Satu di antaranya dilakukan oleh Fatchu Rachman yang menghalau bola tandukan Jaushua Sotirio sebelum melewati batas garis gawang Indonesia.

Indonesia sebnarnya mencoba mengembangkan permainan sendiri agar lepas dari dominasi Australia. Evan Dimas dkk mencoba memainkan bola-bola umpan pendek dan cepat, namun berhasil diredam olah pasukan negeri kanguru.

Di babak kedua, tempo permainan berlangsung lebih cepat. Sampai dengan pertengahan babak kedua Indonesia memiliki tiga kesempatan emas.

Menit 51, Evan Dimas melakukan satu terobosan individual di kotak penalti lawang. Tendangan sang kapten sebenarnya sudah mengarah ke gawang tapi terpantul pemain belakang Australia dan keluar. Pada menit ke-53, giliran Muchlis Hadi Ning yang mengakali lini belakang lawan, namun tendangan terarah dari Muchlis masih bisa dihentikan kiper Thurtell. Menit 56, tendangan keras Evan Dimas mengarah keras ke gawang Australia namun dihalau dengan kesigapan kiper Thurtell.

Justru sebaliknya Australia memanfaatkan kelengahan pemain-pemain Indonesia pada menit ke-66. Dari sebuah serangan balik, Jaushua Sotirio yang tidak terkawal bisa membobol sisi kiri gawang Indonesia. 0-1 untuk Australia.

Sepanjang waktu sisa setelah kebobolan Indonesia gagal menemukan celah terobosan. Serangan demi serangan Garuda Jaya terhenti sebelum memasuki area berbahaya.

Indonesia: Ravi Murdianto, Putu Gede, Fatchu Rochman, Hansamu Yama, Muhammad Sahrul Kurniawan, Evan Dimas, Paulo Sitanggang, Muhammad Hargianto, Muchlis Hadi Ning, Ilham Udin, Dinan Javier

Australia: Jordan Thurtell, Shayne D’Cunha, Cameron Burgess, Riley Paul, Scott Galloway, Christopher Gligor, De Silva Daniel, Brown Jordan, Jaushua Sotirio, Shandon Brady, Brandon Borrelo