Indra Sjafri Masih Beri Peluang Pemain di Luar Negeri

  • Pelatih tim nasional Indonesia U-19 Indra Sjafri akan tetap menerapkan sistem promosi-degradasi untuk seleksi pemain timnas U-19 tahap berikutnya.

Indra Sjafri

Pelatih tim nasional Indonesia U-19 Indra Sjafri akan tetap menerapkan sistem promosi-degradasi untuk seleksi pemain timnas U-19 tahap berikutnya.

Berita Bola, Liga Indonesia Р telah merilis 32 nama pemain yang lolos tahap seleksi yang dilakukan pada 6 sampai 10 April lalu. Dari daftar pemain-pemain yang telah lolos itu, Indra tak menyertakan satupun pemain Indonesia yang berkarier di luar negeri.

Meskipun begitu, pelatih yang pernah membawa timnas U-19 menjuarai Piala AFF U-19 2013 itu tak menutup kemungkinan kepada 14 pemain seleksi yang berasal dari luar negeri tersebut untuk bisa kembali dipanggil membela timnas U-19.

“Andai memang nanti timnas U-19 membutuhkan mereka, mereka akan datang sekitar enam minggu sampai dua bulan sebelum Piala AFF dimulai. Hal ini juga telah kami bicarakan dengan orang tua mereka,” ujar Coach Indra.

Perkembangan para Garuda Muda yang meniti karier sepakbola di luar negeri akan tetap terus dipantau oleh tim pelatih timnas U-19. Coach Indra juga berharap akan ada pemain baru yang sangat menonjol lewat kompetisi kelompok usia.

“Promosi degradasi tetap akan terus dijalankan ke depannya, meski cuma 10 persen, misalkan pemain tersebut sakit atau tidak dapat meningkatkan performanya dan karena indispliner,” jelas Coach Indra.

“Saya pun juga berharap di masa mendatang, seleksi pemain akan diadakan melalui pemantauan pemain dari berbagai kompetisi yang berjenjang dari mulai tingkat provinsi sampai ke tingkat nasional,” tutupnya.