Indra Sjafri Utamakan Pemain Muda Lokal Ketimbang Pemain Asing

  • Ketika klub Indonesia Super League (ISL) lainnya sibuk menyeleksi pemain-pemain asing untuk mengisi slot tiga pemain asing, pelatih Bali United Pusam (BUP) Indra Sjafri justru terlihat tenang-tenang saja.

Liga Indonesia  - Indra Sjafri Utamakan Pemain Muda Lokal Ketimbang Pemain Asing

Ketika klub Indonesia Super League (ISL) lainnya sibuk menyeleksi pemain-pemain asing untuk mengisi slot tiga pemain asing, pelatih Bali United Pusam (BUP) Indra Sjafri justru terlihat tenang-tenang saja.

Sejauh ini, BUP baru memiliki dua pemain asing, yaitu kiper Yoo Jae-hoon dan bek Ha Dae-won. Keduanya berasal dari Korea Selatan. Yoo Jae-hoon sebelumnya bermain di Persipura Jayapura.

Masih ada satu slot lagi tersisa untuk pemain asing di BUP, yaitu untuk posisi striker. Namun, Indra tak begitu ngotot mencarinya. Dia mengatakan sulit mendapatkan pemain yang cocok. Kalau pun ada kelasnya sama dengan pemain lokal yang dia miliki.

Alasan lainnya adalah karena Indra ingin memberikan kesempatan kepada pemain-pemain muda Indonesia untuk membuktikan kemampuan mereka. Dia yakin, jika diasah terus, pemain muda asuhannya akan menjadi pemain hebat kelak.

“Saya harus memberi kepercayaan kepada pemain muda. Kalau tidak sekarang kapan lagi? Ada banyak yang memiliki talenta. Bila diasah dua atau tiga tahun, saya yakin mereka sukses,” kata Indra Sjafri.

Di klub BUP saat ini Indra membawa mantan anak didiknya di timnas U-19, seperti Hendra Sandi Gunawan, Yabes Roni Malaifani, Martinus Novrianto, Awan Seto serta Ricky Fajrin Saputra.

Ia juga memiliki pemain lokal yang sudah punya jam terbang di ISL, seperti Bayu Gatra, Loudry Setiawan, Fadhil Sausu, Sandi Darman Sute, dan lainnya.

Indra juga memberi tiga tempat buat anak lokal Bali yang dinilai layak bergabung. Ketiganya adalah I Nengah Sulendra (mantan kapten Perseden), Komang Sukarja (striker PS Badung) serta pemain asal Ngada, Flores yang besar di Bali, Felicianus Junius R. Bate. Satu lagi nama baru adalah Sutanto Tan, mantan pemain Hougang United yang kini mengikuti pelatnas timnas U-22.