Inilah Penyebab Persegres Kalah di Kandang Mitra Kukar

  • Inilah penyebab kekalahan Persegres Gresik dengan skor 1-3 dari tuan rumah Mitra Kukar dalam laga Liga 1 Indonesia Kamis (15/6).

Liga 1 Indonesia 2017 - Gojek Traveloka
Liga 1 Indonesia 2017 - Gojek Traveloka

Berita Liga Indoneia – Persegres Gresik United harus mengakui keunggulan tuan rumah, Mitra Kukar, dalam laga lanjutan Liga 1 2017. Persegres tumbang dengan skor telak 1-3 dalam laga di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Kamis (15/6).

Asisten pelatih Persegres Suwandi H.S. mengakui meskipun kalah timnya ia nilai sudah tampil bagus. Dia mengatakan cara bermain timnya sudah bagus dan sesuai instruksi peltih.

“Cara bermain kami sejatinya sudah bagus, semua sudah berjalan sesuai instruksi. Seluruh pemain sudah berjuang maksimal. Kendati kalah, saya sudah bangga melihat perjuangan anak-anak,” tutur Suwandi.

Menurutnya, materi pemain Mitra Kukar yang lebih berkualitas menjadi pembeda. Pasalnya, sulit bagi timnya menghindari kekalahan saat bertemu dengan tim yang memiliki sederet pemain bintang semacam Mitra Kukar.

Soal formasi 3-5-2 yang ia terapkan di babak pertama, Suwandi mengaku memilihnya sebagai upaya untuk bisa mengimbangi kekuatan Mitra Kukar. Minimal, Persegres bisa memutus serangan dari tengah dengan menempatkan lima gelandang sekaligus.

Sayang sekali, usaha itu ternyata tetap gagal membendung gempuran pasukan Mitra Kukar. Dan hasilnya, dua gol bersarang di gawang Persegres, Bayu Pradana di menit ke-9, dan M. Lamine Sissoko di menit ke-24.

“Sebetulnya anak-anak sudah tampil bagus dengan formasi ini. Tapi kemampuan pemain Mitra Kukar yang membuat kami tertinggal dua gol di babak pertama,” tutur Suwandi.

Dalam kondisi tertinggal, Suwandi pun mencoba mengubah formasi menjadi 4-3-3 di babak kedua. Dengan formasi yang lebih cenderung keluar menyerang, penampilan Persegres agak lebih baik. Mereka sempat memperkecil ketertinggalan melalui gol Patrick da Silva di menit ke-51. Sayang, gol itu menjadi satu-satunya gol yang dicetak Persegres di pertandingan ini.

Mitra Kukar bahkan mampu kembali memperbesar kemenangan di menit ke-82 setelah Marclei Cesar Santos menrobek jala Persegres. Skor 1-3 ini pun bertahan hingga laga bubar.

“Mitra Kukar memang tim bagus, kami akui kekalahan ini murni karena perbedaan kualitas pemain,” ujar Suwandi.

Dengan kekalahan ini telah menambah daftar panjang paceklik kemenangan Persegres menjadi 8 pertandingan dari 11 laga yang sudah mereka mainkan. Persegres pun semakin sulit untuk keluar dari zona degradasi karena selisih poin dengan tim yang menghuni zona play-off menjadi sembilan poin.