Kurang Persiapan, Berat Peluang Timnas di Piala AFF 2014

4

Waktu persiapan yang sangat mepet diperkirakan akan menyulitkan Tim Nasional Indonesia meraih hasil maksimal pada ajang AFF Suzuki 2014 pada akhir tahun ini. Hal itu diungkapkan oleh gelandang Timnas, Firman Utina.

Kurang Persiapan, Berat Peluang Timnas di Piala AFF 2014 - berita Liga Indonesia

Waktu persiapan yang sangat mepet diperkirakan akan menyulitkan Tim Nasional Indonesia meraih hasil maksimal pada ajang AFF Suzuki 2014 di Singapura dan Vietnam pada November ini. Hal itu diungkapkan oleh gelandang Timnas, Firman Utina.

Pemusatan latihan sebenarnya sudah dimulai sejak awal 2014. Namun pelatih Timnas Alfred Riedl sulit menerapkan program latihannya secara intensif karena banyak pemain kunci yang absen di pelatihan lantaran harus membela klub masing-masing di ajangĀ  di Indonesia Super League (ISL)

Pada Oktober, misalnya, ketika pelatih Alfred Riedl hanya memanggil 15 pemain yang sebagian besar diisi pemain dari timnas U-23 dan U-19. Ketika itu, para pemain dari ISL tengah membela klubnya masing-masing di delapan besar.

“Menurut saya coach Alfred Riedl memang memiliki sedikit waktu untuk memilih pemain-pemain. Terkadang Riedl ingin pemain-pemain yang dibutuhkan itu hadir dalam latihan. Tetapi, sering yang hadir hanya lima pemain karena yang lain sedang bertanding di liga,” ungkap Firman di Jakarta.

“Hal-hal seperti itulah yang menurut saya harus dipikirkan lagi karena dia (Riedl) memang harus menentukan pemain-pemain yang dia inginkan,” tambahnya.

Indonesia tergabung di Grup A bersama Vietnam, Laos, dan Filipina. Firman menilai ini grup berat karena semua tim merata kekuatannya. “Indonesia masuk ke grup yang berat. Menurutku semua tim punya peluang yang sama. Kualitas kami juga sama,” katanya.