Mogok 15 Klub Liga 1 Batal, Kompetisi Jalan Terus

  • Dipastikan 15 klub anggota Liga 1 Indonesia tak jadi melakukan mogok bermain, kompetisi akan berjalan sampai selesai.

Liga 1 Indonesia 2017 - Gojek Traveloka
Liga 1 Indonesia 2017 - Gojek Traveloka

Ancaman mogok dari 15 klub anggota Liga 1 Indonesia dipastikan tidak akan diwujudkan. Pihak-pihak terkait seperti PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan perwakilan klub yang tergabung dalam Forum Klub Sepakbola Profesional Indonesia (FKSPI) sudah mengadakan pertemuan hari Selasa (10/10) untuk menyelesaikan permasalahan itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada 15 klub Liga 1, kecuali PS TNI, Bali United dan Persib Bandung, mengancam tidak akan melanjutkan kompetisi sebagai bentuk protes mereka pada PT LIB yang tidak transparan dalam pengelolaan Liga 1 khususnya menyangkut aspek bisnis, legal, dan teknis Liga 1.

Klub-klub memberikan waktu 14 hari kepada PT LIB untuk memberikan penjelasan mengenai ketiga aspek tersebut. Jika PT LIB tidak menanggapi hal ini dalam tenggat waktu yang diberikan itu maka ke 15 klub itu akan mogok berkompetisi.

Kini persoalan tersebut sudah berhasil diselesaikan dalam rapat di Jakarta Selasa (10/10) sore. Direktur Utama PT LIB, Berlington Siahaan, mengatakan bahwa semua tuntutan yang disampaikan klub sudah dibicarakan dalam suasana kekeluargaan. Dan dia mengatakan kompetisi akan tetap berjalan.

“Mengenai tuntutan, kami selesaikan dan sudah diadakan pertemuan hari ini. Semua berjalan lancar dan secara kekeluargaan. Kompetisi tetap berjalan,” kata Direktur Utama PT LIB, Berlington Siahaan seperti dikutip dari Viva.co.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi. Menurut dia persoalan (ancaman mogok) itu terjadi karena adanya kesalahpahaman dan miskomunikasi antara kedua belah pihak (klub dan PT LIB).

“Ada miskomunikasi, sehingga dipandang LIB kurang transparan. Liga 1 kan hanya menyisakan satu bulan dan Februari mendatang kembali dibuka. Untuk itu, perbaikan akan dilakukan. Persoalan tersebut sudah clear,” tambah Edy kepada wartawan.

Sementara manajer Bhayangkara FC, AKBP Sumardji, mengatakan bahwa kompetisi Liga 1 terus berjalan hingga selesai pada akhir November 2017.

“Kompetisi tetap berjalan sampai akhir musim,” kata AKBP Sumardji. “Kemarin itu hanya kurang komunikasi saja antara kami dengan PT LIB. Jadi sekarang semua sudah selesai.”