Patung Ramang Diresmikan di Makassar

Sepakbola – Peresmian patung pemain legendaris Indonesia asal Makassar, Ramang, dilakukan oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Rabu.

Liga Indonesia  - Patung Ramang Diresmikan di Makassar

Gilabola.com – Peresmian patung pemain legendaris Indonesia asal Makassar, Ramang, dilakukan oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, Rabu.

Selepas peresmian dan nandatangaan prasasti patung Ramang yang berada di pantai Losari Makassar, Moh Ramdhan mengatatakan, “Semangat dan spirit Ramang akan selalu hadir dalam diri kita semua. Apapun profesi kita, spirit Ramang akan selalu ada, apalagi jika memang dia olahragawan dibidang sepak bola, sudah pasti spiritnya akan melekat.”

Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengungkapkan, Ramang merupakan pesepakbola andalan PSM Makassar yang pernah mengantar Timnas Indonesia menjuarai Asian Football Qatar pada 1971.

Spirit Ramang akan selalu ada, meskipun untuk beberapa saat patung legendaris ini tidak pernah lagi dijumpai selama beberapa tahun karena sebelumnya berdiri kokoh di lapangan Karebosi Makassar, namun harus dibongkar karena adanya pembangunan.

Namun setelah beberapa tahun berlalu, patung Ramang kembali hadir di anjungan Pantai Losari Makassar yang tentunya disambut baik oleh para pecinta sepak bola.

“Seperti pepatah yang mengatakan, jangan pernah melupakan sejarah karena bangsa yang besar adalah yang mengingat jasa-jasa pendahulunya. Apa yang kita lakukan sekarang ini dengan membangun kembali patung Ramang di Pantai Losari tidak lain karena spirit dan kebanggaan kita kepadanya,” katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pemuda dan Olahraga menyiapkan anggaran sebesar Rp275 juta untuk pembuatan patung Ramang di Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin pembangunan patung legendaris Ramang ini sudah melewati proses yang benar seperti melalui tender.

Untuk tinggi pondasinya itu sekitar 120 cm, untuk bola dunia yang menjadi pijakan patung Ramang setinggi 140 cm. Adapun patung Ramang sendiri disusesuaikan dengan tinggi badan sang legenda yakni 170 cm. Jadi jika tinggi keseluruhan itu akni mencapai 4,3 meter.

Ia menjelaskan, Ramang seperti yang dikenal selama ini memang merupakan sosok legenda sepak bola Indonesia asal Makassar yang pernah berkiprah di internasional pada zamannya.

Keberadaan patungnya di Makassar diharapkan bisa menjadi motivasi bagi para pemain untuk terus berlatih sehingga bisa menjadi pemain yang bisa mengharumkan nama daerah, bangsa dan negara.

(Sumber Foto : Ewako.co)