Persiba Balikpapan Akhirnya Harus Mengungsi ke Stadion Lain

Sepakbola – Persiba Balikpapan akhirnya terpaksa harus mengungsi ke Stadion Gajayana. Hal ini memang patut untuk menjadi perhatian pihak-pihak terkait.

Liga Indonesia  - Persiba Balikpapan Akhirnya Harus Mengungsi ke Stadion Lain

Sepakbola – Persiba Balikpapan akhirnya terpaksa harus mengungsi ke stadion lain. Hal ini memang patut untuk menjadi perhatian pihak-pihak terkait.

Persiba Balikpapan memang harus mengungsi ke stadion lain. Hal ini menyusul belum adanya kepastian untuk masalah pembangunan stadion baru. Pihak Pertamina sebelumnya sudah membongkar Stadion Parikesit yang selama ini sudah menjadi kandang mereka dalam menggelar pertandingan.

Pertamina sendiri akan membongkar Stadion Parikesit yang masuk dalam agenda perluasan kilang minyak di Balikpapan. Kawasan tersebut akan dijadikan gudang peralatan kilang minyak Pertamina Balikpapan. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemkot Balikpapan, Tara Alorante, telah memastikan jika fasilitas pendukung stadion baru belum siap.

Dikabarkan juga jika pembangunan Stadion Balikpapan dijadwalkan akan tuntas pada bulan Juni mendatang. Penyelesaian pembangunan sendiri hanya meliputi stadion dan lapangan pertandingan saja. Jalan tembus, sarana parkir kendaraan dan lainnya belum tersentuh karena keterbatasan anggaran pemerintah daerah yang defisit sejak tahun 2016.

“Kalau lapangannya saja bulan Juni bisa selesai. Ada fasilitas yang harus dilengkapi seperti jalan masuk stadion belum tembus, tempat parkirnya juga belum ada. Memang jadwalnya Juni, tapi masih kita lihat situasi nantinya,” ujar Tara.

Pembangunan jalan tembus stadion diperkirakan akan memerlukan anggaran mencapai Rp 30 miliar. Pemkot Balikpapan hanya menerima bantuan Pemprov Kaltim sebesar Rp 2 miliar untuk pembangunan stadion.

Belum bisa dipastikan dana untuk pembangunan fasilitas stadion itu dianggarkan dalam APBD Perubahan Balikpapan 2017 atau tidak sama sekali. Pemerintah Kota Balikpapan tahun ini masih harus melunasi utang proyek 2016 lalu, akibat defisit anggaran.

Pemerintah Kota Balikpapan lantas menyarankan agar tim Persiba Balikpapan untuk sementara waktu pindah ke Bontang. Mereka bisa memanfaatkan Stadion Mulawarman yang sebelumnya menjadi kandang tim PKT Bontang.

Selain Stadion Mulawarman, Pemerintah Kota Balikpapan juga menawarkan penggunaan Stadion Benuo Taka. Stadion ini bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit saja dari Balikpapan. Pemerintah Kota Balikpapan sendiri dikabarkan sudah memohon penundaan pembongkaran stadion sambil menunggu penuntasan pembangunan Stadion Balikpapan.