Gilabola.com Berita Bola

Persija Pusing Dengan Regulasi Batasan Usia 35 Tahun

Ada sejumlah regulasi baru yang akan berlaku pada kompetisi Liga Super Indonesia musim 2017. Di antaranya adalah pembatasan usia pemain maksimal 35 tahun.

Berita Liga Indonesia – Regulasi tentang pembatasan usia maksimal 35 tahun itu cukup membuat klub Persija Jakarta pusing. Pasalnya klub ibukota ini memiliki tiga pemain pilar yang saat ini berusia di atas 35 tahun.

Ketiga pemain Persija yang berusia di atas 35 tahun adalah seperti Bambang Pamungkas, Ismed Sofyan, dan pemain asing Hong Soon Hak. Jika regulasi nantinya benar-benar diterapkan maka Persija bisa kehilangan pemain pilarnya ini.

Bambang Pamungkas saat ini berusia 36 tahun, Ismed Sofyan berusia 37 tahun, dan Hong Soon Hak berusia 36 tahun. Sedangkan satu pemain pilar lainnya, yaitu Maman Abdurrahman akan berusia 35 tahun pada September 2017 mendatang.

Menghadapi situasi pelik ini, pihak Persija cuma bisa berharap PSSI bisa mempertimbangkan kembali wacana pembatasan usia maksimal itu. Presiden Persija Ferry Paulus mengaku pusing dengan regulasi tersebut. Ferry mengatakan regulasi tersebut bisa sedikit mengganggu persiapan Persija dan klub-klub lainnya karena harus melepas pemain-pemain senior dan mencari penggantinya.

“Iya ini kami juga pusing ya tentang regulasi ini. Kami punya empat pemain yang usianya di atas 35 tahun,” ujar Ketua Umum Persija, Ferry Paulus seperti dilansir Detik.com. “Tapi ini akan kami bahas dengan menggelar pertemuan bersama pemain pada pekan ini. Saya inginkan PSSI bisa sedikit merubah regulasi itu karena ada beberapa klub yang punya pemain di atas 35 tahun.”

Kompetisi Indonesia Super Lague (ISL) 2017 akan kembali bergulir mulai tanggal 26 Maret mendatang. Kompetisi kali ini akan lebih difokuskan pada pembinaan pemain muda. Hal tersebut dapat dilihat dari regulasi pemain yang ditetapkan oleh PSSI dalam Kongres yang berlangsung Minggu, 8 Januari 2017.

Dalam regulasi yang baru nanti, selain tentang pembatasan usia pemain 35 tahun, klub-klub yang bermain di Liga Super Indonesia juga harus mengontrak lima pemain lokal usia 23 tahun. Pada setiap pertandingannya, klub tersebut harus menurunkan tiga pemain U-23, dan jika melakukan pergantian pemain juga harus diganti dengan pemain usia yang sama.