PSSI Dapat Surat Minta Penjelasan Dari FIFA

  • PSSI akhirnya dapat surat minta penjelasan dari pihak FIFA. Hal ini menjadi kelanjutan dari masalah yang telah terjadi sebelumnya.

FIFA

PSSI akhirnya dapat surat minta penjelasan dari pihak FIFA. Hal ini menjadi kelanjutan dari masalah yang telah terjadi sebelumnya.

Berita Bola, Liga Indonesia – PSSI dapat surat minta penjelasan dari FIFA. FIFA akhirnya mengirimkan surat resminya kepada PSSI soal tanggapan mengenai regulasi pergantian lima pemain di Liga 1 2017. Aturan itu tak sesuai dengan yang tertera di laws of the game FIFA, yang hanya memperbolehkan pergantian pemain dalam sebuah kompetisi profesional sebanyak TIGA pemain saja.

PSSI lantas dinilai perlu melakukan konsultasi mengenai regulasi pergantian lima pemain itu pada FIFA. Surat PSSI yang dikirimkan pada 4 April dan dibalas FIFA per tanggal 12 April 2017 yang ditujukan kepada pelaksana tugas, Joko Driyono. Dalam surat yang ditandatangani Marco (deputi sekjen FIFA) dan James Johnson, kepala sepakbola profesional itu, FIFA sambut positif rencana PSSI tersebut.

“Kami cukup menghargai pihak PSSI mau menghubungi FIFA terkait adanya inisiatif khusus dalam mengembangkan usia muda sebagaimana yang diuraikan dalam email. Kami telah mempertimbangkan proposal tersebut dengan berdasarkan bahwa semua klub peserta Liga 1 untuk bisa memainkan minimal tiga pemain U-23 minimal 45 menit per pertandingan,” tulis FIFA melalui situs PSSI.

FIFA lantas meminta penjelasan lengkap dari pihak PSSI soal penerapan regulasi ini. Mereka juga akan melakukan analisa dan observasi untuk bisa mendapatkan kesimpulan dampak dari penerapan aturan itu nantinya.

“Kami tertarik untuk mengetahui bagaimana pandangan PSSI cara pemain pengganti tambahan dijalankan, dan rencana skenario dalam hal ini, seperti masalah cedera dan pengusiran pemain. FIFA berharap dapat memberikan dukungan sepenuhnya dalam hal promosi usia muda. Kami juga siap menyediakan pendapat ahli jika PSSI inginkan.”

Edy Rahmayadi selaku ketua umum PSSI lantas mengatakan jika pihaknya siap mengikuti arahan dari FIFA tersebut. “Atas surat FIFA tersebut, PSSI siap membangun komunikasi intens dengan FIFA, untuk memberikan penjelasan detail konsep percepatan pengembangan sepakbola di Indonesia, terkhusus implementasi U-23 di kompetisi Liga 1,” sambut Edy.