PSSI Libatkan Pihak Imigrasi Pantau Pemain Asing

Sepakbola – PSSI ternyata melibatkan pihak imigrasi untuk memantau para pemain asing. Rekapitulasi dan Koordinasi akan dilakukan.

Liga Indonesia  - PSSI Libatkan Pihak Imigrasi Pantau Pemain Asing

Gilabola.com – PSSI ternyata melibatkan pihak imigrasi untuk memantau para pemain asing. Rekapitulasi dan Koordinasi akan dilakukan.

PSSI lakukan tindakan preventif. Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM dilibatkan PSSI untuk membantu mengawasi izin tinggal para pemain asing yang bermain di kompetisi pra-musim Piala Presiden 2017.

Iwan Budianto selaku  Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden 2017,di Jakarta, Kamis, menyampaikan hal ini. Dia mengatakan, PSSI akan menghubungi pihak Imigrasi segera setelah pendaftaran nama pesepak bola luar negeri selesai.

“Pendaftaran pemain asing itu ditutup sehari setelah pertandingan terakhir di masing-masing daerah. Jadi paling cepat tanggal 5 atau 6 Februari 2017 akan dilakukan rekapitulasi dan setelah itu koordinasi dengan Imigrasi.”

Kebijakan ini dilakukan salah satunya karena ada rekomendasi Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI). BOPI tidak ingin para pemain asing yang berlaga di Piala Presiden melanggar undang-undang yang berlaku.

PSSI membebaskan 20 klub yang berkompetisi di Piala Presiden 2017 untuk memakai jasa pemain asing dengan jumlah bebas, bahkan bisa mencapai 50 persen dari maksimal pemain yang dibawa ke Piala Presiden 2017 yaitu 30 orang.

Aturan ini sengaja diperlonggar dari ketentuan Liga Satu, kompetisi sepak bola nasional kasta tertinggi akan dimulai 26 Maret 2017, yang mewajibkan tim hanya memiliki tiga pemain asing (aturan dua plus satu), dua dari luar negeri non-Asia dan satu dari Asia, agar klub bisa melakukan seleksi jelang kompetisi Liga Satu yang dimulai pada 26 Maret 2017.

Karena pemain asing tidak harus dikontrak oleh klub, PSSI menyatakan mereka bisa bertanding mengandalkan visa saja. “Tidak harus dikontrak, bertanding dengan visa saja tidak apa-apa,” tuturnya.

Kamis (2/2), BOPI mengeluarkan surat rekomendasi penyelenggaraan pertandingan sepak bola turnamen pra-musim Piala Presiden 2017 dengan nomor SR.SB.004/BOPI/KU/II-2017 ditandatangani langsung Ketua BOPI, Noor Aman.

Dengan turunnya surat ini maka semua masalah administrasi bisa dikatakan tuntas karena surat ini juga bakal menjadi dasar aparat kepolisian untuk mengeluarkan ijin keramaian yang selama ini sering menjadi kendala.

Walau sudah ada rekomendasi, BOPI menilai ada beberapa persyaratan yang belum dipenuhi. “Kekurangan hanya daftar pemain asing saja. Kesepakatannya akan dipenuhi sambil jalan dalam satu pekan kedepan. Kami akan terus pantau masalah ini,” kata Sekjen BOPI Heru Nugroho.

Menurut Heru, daftar pemain asing yang dimaksud tidak hanya jumlah pemain yang turun di Piala Presiden 2017, tetapi administrasi dokumen kerja termasuk visa kerja harus dilengkapi oleh semua pemain asing yang bakal turun di Piala Presiden 2017.