Rahmad Darmawan Siap Besut Timnas Indonesia, Tapi Ini Syaratnya

  • Berita Bola — Pelatih Rahmad Darmawan menyatakan siap melatih tim nasional Indonesia. Namun ada sedikit ganjalan terkait statusnya sebagai pelatih klub Malaysia, T-Team.

Liga Indonesia  - Rahmad Darmawan Siap Besut Timnas Indonesia, Tapi Ini Syaratnya

 

Berita Bola — Pelatih Rahmad Darmawan menyatakan siap melatih tim nasional Indonesia. Namun ada sedikit ganjalan terkait statusnya sebagai pelatih klub Malaysia, T-Team.

Seperti diketahui, Rahmad Darmawan atau yang akrab dengan inisial RD ini dikontrak sebagai pelatih T-Team selama satu musim, dengan opsi perpanjangan di akhir musim. Sulit rasanya jika RD harus menangani T-Team dan timnas sekaligus.

Dia bakal kesulitan membagi waktu antara menangani timnas dan klub T-Team. Untuk diketahui Liga Super Malaysia baru berakhir pada 22 Oktober 2016 mendatang. Sementara gelaran Piala AFF dimana timnas akan ambil bagian, berlangsung pada 19 November 2016.

RD menyadari bahwa ikatan kontrak dengan T-Team menjadi kendala baginya untuk bisa melatih timnas. Karena itu dia meminta kepada PSSI untuk melakukan pendekatan kepada T-Team jika ingin memakai tenaganya.  Toh gelaran Piala AFF dilaksanakan setelah Liga Malaysia berakhir, dan dan jauh sebelum musim baru dimulai

“Memang, saat Piala AFF, kompetisi sudah selesai. Tapi, ikatan kerja harus dihormati. Makanya, saya katakan silahkan federasi hubungi klub. Seandainya tak ada masalah, maka saya siap,” ungkap RD.

“Terkait opsi perpanjangan, sebenarnya tak masalah. Kompetisi di sana mulai Januari atau Februari 2017. Piala AFF selesai Desember 2016. Jadi, masalahnya hanya tinggal komunikasi saja,” lanjutnya.

Sebagai salah satu kandidat pelatih timnas, RD mendatangi kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Rabu (1/6). Dia datang untuk memaparkan program kerjanya kepada Tim Panelis bentukan PSSI. Kepada Tim Panelis ia menyatakan siap menjadi pelatih Tim Merah Putih. Tapi dia sama sekali tak mau membicarakan masalah targetnya di timnas dalam gelaran Piala AFF 2016 nanti.

“Silakan tanya ke PSSI soal target. Saya hanya menyampaikan mengenai kesiapan melatih timnas. Saya jawab, siap, dan tak bicara masalah lain seperti honor atau apa pun,” kata RD usai pertemuan.