Pusamania Borneo FC Terapkan Latihan Dengan Alat Polar Team Pro

Pusamania Borneo FC sudah menerapkan alat canggih dalam latihan mereka.
Pusamania Borneo FC sudah menerapkan alat canggih dalam latihan mereka.

Gilabola.com – Tim kuat Liga 1 Indonesia, Pusamania Borneo FC, ternyata telah menerapkan pola latihan dengan menggunakan alat Polar Team Pro.

Latihan awal Pusamania Borneo FC yang bertempat di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, Senin (8/1/2018), mulai gunakan alat Polar Team Pro. Jelas hal ini tidak biasa dilakukan klub lainnya.

Sosok pelatih tim Pesut Etam, Iwan Setiawan, hanya duduk di tribun penonton sambil melihat komputer tablet yang dibawa dalam latihan tersebut. Program latihan dipimpin Head of Performance and Analysis, Jaino Matos.

Meski begitu, apa yang dibawa sang pelatih tim ternyata eh ternyata bukanlah jenis komputer tablet biasa. Iwan ternyata sedang mencermati bagaimana kinerja pemain dengan menggunakan sebuah alat yang bernama Polar Team Pro.

“Kalau setahu saya sih, Pusamania Borneo FC adalah satu-satunya klub yang menggunakan teknologi canggih dalam latihan. Semua pemain menggunakan chip, dan saya hanya perlu membawa satu tablet bisa mengontrol kerja 25 pemain,” ujar Iwan.

Advertisement

Polar Team Pro sendiri adalah sebuah teknologi untuk memantau bagaimana perkembangan denyut jantung seseorang pemain. Nah, setiap personel dipasangi GPS di bagian dada mereka untuk mencermati bagaimana kinerja dalam pemain jalani program latihan.

Nah, semua data dan analisis setiap kinerja pemain lantas terekam secara detail dan akurat yang dapat dilihat di sebuah tablet. Superr…

Iwan juga menjelaskan jika tidak melulu soal mencermati kondisi fisik, alat tersebut juga bisa digunakan untuk mendeteksi sekaligus merekam pemain yang serius dalam jalani semua porsi latihan maupun dengan yang tidak serius.

“Semua akan terekam dalam alat ini secara lengkap. Siapa yang berlatih setengah-setengah bisa dilihat dan saya tinggal membawa tablet saja untuk terus mencermati kerja pemain,” pungkasnya.