Radja Nainggolan: Cagliari pernah juara Serie A

7

Radja Nainggolan, pemain klub Cagliari Calcio di Serie A Italia, digosipkan akan pindah klub di akhir musim ini. Beberapa nama besar sudah disebut, di antaranya Juventus dan CSKA Moskow. Namun Radja sendiri membantahnya, “Saya tak mengatakan bahwa saya akan hengkang. Mereka (media) menulis apa yang ingin mereka tulis. Saya hanya ingin bilang, merasa terhormat dipantau […]

Radja Nainggolan: Cagliari pernah juara Serie A - berita Liga Indonesia Liga Italia

Radja Nainggolan, pemain klub Cagliari Calcio di Serie A Italia, digosipkan akan pindah klub di akhir musim ini. Beberapa nama besar sudah disebut, di antaranya Juventus dan CSKA Moskow.

Namun Radja sendiri membantahnya, “Saya tak mengatakan bahwa saya akan hengkang. Mereka (media) menulis apa yang ingin mereka tulis. Saya hanya ingin bilang, merasa terhormat dipantau oleh klub besar.”

“Jangan percaya apa yang telah dikatakan. Saya masih berstatus pemain Cagliari dan saya tidak berbicara dengan siapapun. Tidak ada kontrak yang dipersiapkan. Tak satupun yang benar, ” katanya.

Radja main di Cagliari sejak pertengahan 2010 usai dipinjam selama setengah musim dari FC Piacenza, sebuah klub Serie B.

Siapakah Cagliari Calcio?

Tak banyak yang tahu bahwa Cagliari Calcio pernah menjadi juara Serie A untuk musim 1969/1970. Setahun sebelumnya mereka di posisi runner up.

Namun setelah itu prestasinya menurun sehingga terdegradasi ke Serie B. Masa paling muram terjadi tahun 1987 ketika klub ini terdegradasi lagi ke Serie C1, dan bahkan nyaris turun lagi ke Serie C2 musim berikutnya.

Sentuhan tangan dingin pelatih Claudio Ranieri membawanya promosi dua kali sekaligus. Tahun 1989 ke Serie B, dan kemudian setahun berikutnya ke Serie A kembali.

Setelah itu mereka bahkan pernah bertanding ke semifinal UEFA Cup musim kompetisi 1993/1994, cukup prestisius. Dan mereka adalah klub asal Pulau Sardinia yang pernah menempuh jalan sejauh itu.

Musim ini Cagliari mengakhiri musim di posisi 15, sedikit saja di atas posisi degradasi. Cagliari sduah 33 tahun meniti karir di Serie A. Putus sambung, tak sekaligus 33 tahun berurutan di Serie A. Dan sejauh ini hanya 1 gelar juara serta 1 runner up di era 1968-1970. Tak heran jika Radja ingin pindah ke klub lain yang bisa menjanjikan trofi.