Ryuji Utomo Tinggalkan Persija Jakarta ke kLub Divisi 2 Thailand

Pemain Timnas U-23 Ryuji Utomo resmi meninggalkan Persija Jakarta untuk bergabung dengan klub kasta kedua Liga Thailand, PTT Rayong FC, Senin (4/12).

Ryuji Utomo dikontrak klub kasta kedua Liga Thailand, PTT Rayong FC, selama satu musim.
Ryuji Utomo dikontrak klub kasta kedua Liga Thailand, PTT Rayong FC, selama satu musim.

Pemain belakang Ryuji Utomo memilih meninggalkan Persija Jakarta demi bergabung dengan klub divisi dua Liga Thailand, PTT Rayong FC. Katanya dia ingin mematangkan penampiannya di Negeri Gajah Putih.

Seperti dikutip dari Viva.co, pemain U-23 ini memilih pindah ke Thailand karena ingin menambah pengalaman agar performanya bisa lebih baik lagi di masa mendatang.

“Pastinya saya ingin mencari pengalaman internasional. Lalu di sisi lain saya juga mau bantu keluarga karena ayah saya sakit,” ungkap Ryuji yang mengaku dikontrak Rayong FC selama satu tahun.

“Saya baru pagi tadi tanda tangan kontrak dengan klub baru. Saya akan bermain di sini selama setahun ke depan,” jelasnya.

Sementara itu agen Ryuji, Gabriel Budi, mengatakan bahwa kehadiran pemain timnas U-23 Indonesia itu diharapkan akan membantu PTT Rayong promosi ke kasta tertinggi Liga Thailand pada musim 2018 mendatang. Klub itu menutup kompetisi 2017 di posisi kelima klasemen Divisi Dua Liga Thailand.

“Ryuji Utomo resmi menjadi penggawa PTT Rayong. Tahun ini PTT Rayong memiliki target untuk promosi ke Thailand League 1,” kata Gabriel Budi seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (4/12).

Gabriel Budi juga tak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada manajemen Persija Jakarta yang mengizinkan Ryuiji bermain di luar negeri. Si agen mengaku Ryuji pindah demi membantu biaya pengobatan ayahnya yang sedang sakit.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan juga kepada Persija, terutama Pak Gede Widiade (Direktur Utama Persija),” ujarnya.

“Alasan Ryuji bermain di luar negeri adalah untuk menambah pengalaman internasional dan untuk membiayai keluarganya, khususnya ayahnya, yang sedang sakit,” kata Gabriel Budi

Ryuji menjadi pemain Timnas U-23 ketiga yang bergabung dengan klub di luar Indonesia. Sebelumnya, sudah ada Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armayn yang berkostum klb Malaysia, Selangor FA.

Bermain di luar negeri bukan menjadi hal yang baru bagi Ryuji. Sebelumnya, dia pernah membela klub Bahrain, Al Najma, pada 2015, saat sepakbola Indonesia tengah disanksi oleh FIFA.

Sepakbola.cc