Persija Jakarta

Klub Persija Jakarta telah menunjuk pelatih baru untuk musim 2017. Nama sang pelatih  baru itu adalah Stefano Cugurra. Siapa dia?

cugurra Jakarta Liga Indonesia Pelatih Persija Persija Jakarta Sepak Bola stefano Stefano Cugurra

Berita Liga Indonesia – Penunjukkan Stafano Cugurra secara resmi diumumkan oleh Persija, Jumat (30/12). Dalam rilis yang diedarkan oleh media officer Persija, Mozes Sosa, disebutkan bahwa pelatih asal Brasil itu dikontrak klub berjulukan Macan Kemayoran selama satu musim.

“Persija sepakat dengan Stafeno Cugurra Teco untuk melatih Persija. Dia dikontrak semusim atau satu tahun,” kata Mozes Sosa seperti dikutip dari Kompas.com.

Sebelum bergabung dengan Persija, Cugurra berkarir di Thailand sebagai pelatih klub Royal Thai Navy FC. Dia membesut klub ini selama satu musim.

BACA JUGA  Semen Padang Akui Sempat Frustrasi Ladeni Bhayangkara FC

Jika dilihat perjalanan karirnya, pelatih bernama lengkap Alessandro Stefano Cugurra Rodrigues dengan panggilan akrab Teco ini, sudah tidak asing lagi dengan Indonesia. Dia pernah bersama bersama Jacksen F Tiago menjadi bagian sukses Persebaya menjuarai Liga Indonesia di musim 2004.

Cugurra berada di Persebaya waktu itu sebagai pelatih fisik. Sedangkan pelatih kepalanya adalah Jacksen F Tiago, yang juga merupakan teman senegaranya dari Brasil. Di Persebaya dia bekerja hingga 2007. Dia bahkan sempat bekerja dengan ayahnya, Gildo Rodrigues, yang menjadi pelatih Persebaya menggantikan Fredy Mulli ketika itu.

Ayahnya hanya bertahan sebentar di Persebaya. Bersamaan dengan itu pula Cugurra hengkang dari Persebaya. Dia kemudian melanjutkan karier di Thailand mulai 2010. Di sana dia menjadi pelatih kepala dengan membesut Chiangrai United (2010-13),  Phuket FC (2013-14), Osotspa Samut Prakan (2014-15). Di klub Osotspa ini dia bertemu bek naturalisasi Indonesia, Victor Igbonefo. Pada musim 2015-16 dia pindah ke Navy FC. Dia juga mengajak Igbonefo pindah ke klub terakhirnya itu.

BACA JUGA  Luis Milla Panggil 10 Nama Baru untuk Timnas U-22