Tak gajian 6 bulan, pemain Bontang FC mogok main

6

Pemain Bontang FC rupanya sudah kehilangan kesabaran. Mereka akhirnya memutuskan mogok latihan dan mogok bermain lantaran sudah hampir enam bulan tidak menerima gaji. Surat pernyataan mogok itu secara resmi telah mereka kirimkan kepada Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI). Presiden APPI, Ponaryo Astaman, kepada wartawan, Kamis (7/6), membenarkan pihaknya telah menerima surat pernyataan mogok itu dari […]

Liga Indonesia  - Tak gajian 6 bulan, pemain Bontang FC mogok mainPemain Bontang FC rupanya sudah kehilangan kesabaran. Mereka akhirnya memutuskan mogok latihan dan mogok bermain lantaran sudah hampir enam bulan tidak menerima gaji. Surat pernyataan mogok itu secara resmi telah mereka kirimkan kepada Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI).

Presiden APPI, Ponaryo Astaman, kepada wartawan, Kamis (7/6), membenarkan pihaknya telah menerima surat pernyataan mogok itu dari klub yang berkompetisi di Indonesian Premier League (IPL). Ponaryo mengatakan, APPI akan berusaha menjembatani proses pemenuhan hak pemain Bontang.

“Kami melakukan segala upaya untuk menjaga komitmen anggota kami berlatih dan bertanding. Namun, pemain juga punya batas kesabaran,” kata Ponaryo seperti dikutip dari Kompas.com.

Ponaryo juga mengatakan bahwa masih banyak klub, baik yang berada di ISL maupun IPL, yang belum melunasi gaji para pemainnya selama tiga bulan. APPI mengultimatum kepada klub-klub tersebut untuk melunasi gaji pemain sampai 15 Juni mendatang. Jika tidak, APPI melakukan aksi solidaritas.

Berikut pernyataan mogok pemain Bontang FC yang ditandatangani oleh 25 pemain:

“Pada hari Rabu tanggal enam bulan Juni tahun dua ribu dua belas (06/06/2012). Kami seluruh pemain yang bertanda tangan di bawah ini memberikan pernyataan sebagai berikut:
1. Bahwa hingga saat ini kami belum menerima hak kami berupa pembayaran gaji selama lebih dari lima bulan yang akan beranjak bulan keenam.
2. Bahwa kami telah melaksanakan seluruh kewajiban kami selaku pemain sebagaimana yang tercantum dalam klausul perjanjian/kontrak antara klub dengan pemain.
3. Bahwa kami telah dengan sabar meminta dan mengupayakan agar klub segera melaksanakan kewajibannya. Namun, hingga pernyataan ini kami tandatangani, kami para pemain belum menerima hak kami tersebut.
4. Atas ketiga poin tersebut di atas, kami yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan untuk melakukan mogok bertanding dan atau berhenti melakukan kewajiban kami sampai pihak klub melaksanakan kewajibannya, yaitu membayarkan sepenuhnya gaji para pemain yang tertunggak. Demikian pernyataan ini kami sampaikan.”