10 Transfer Termahal Liverpool, No 1 Malah Gagal Total

Inilah daftar 10 pemain termahal yang didatangkan Liverpool. Mohamed Salah cuma No 2. Tapi No 1-nya malah gagal total. Kamu tahu siapa?

Liga Inggris  - 10 Transfer Termahal Liverpool, No 1 Malah Gagal Total

Liga Inggris – Kedatangan Mohamed Salah dari AS Roma baru saja mengukuhkan diri sebagai transfer masuk kedua termahal dalam sejarah Liverpool.

Mohamed Salah didatangkan dengan biaya sebesar Rp 592 Milyar total, mungkin mencakup juga bonus-bonus yang terkait performanya.

Klub Merseyside mengumumkan kedatangan Mohamed Salah pada Kamis malam waktu Inggris, setelah berbulan-bulan muncul spekulasi bahwa Liverpool mengejar si pemain asal Mesir itu.

Mantan pemain Chelsea ini telah menjadi penandatanganan kedua termahal sepanjang sejarah klub itu, sama dengan Sadio Mane, yang masuk dari Southampton pada awal musim lalu.

Penyerang Brasil Roberto Firmino juga berada di daftar 10 transfer termahal, sementara striker Andy Carroll dan Fernando Torres di bawahnya, meski karir mereka masing-masing di Liverpool sangat berbeda.

Sementara pemain asal Spanyol itu mencetak 81 gol dalam 142 pertandingan untuk klub Merseyside tersebut, Carroll hanya menemukan jaring lawan 11 kali saja dalam 58 pertandingan – performa cukup buruk untuk bisa dikatakan gagal.

Pemain tengah seperti Adam Lallana dan Georginio Wijnaldum juga masuk dalam 10 besar, sebagaimana pemain FC Barcelona saat ini Luis Suarez, bek Dejan Lovren dan striker Christian Benteke.

Transfer No 1 termahal The Reds justru dicatatkan oleh Benteke, yang didatangkan dengan biaya sebesar Rp 660 Milyar dari Aston Villa tahun 2015 dan dibuang oleh Jurgen Klopp setahun kemudian setelah menyumbangkan hanya 9 gol saja.

Luis Suarez yang punya kisah sukses di Anfield, hanya menduduki urutan No 9 dalam sejarah transfer Liverpool. Ia didatangkan dari Atletico Madrid tahun 2011 senilai Rp 372 Milyar, sebuah nilai yang terhitung murah mengingat ia kemudian menyumbangkan 69 gol selama tiga tahun merumput di sana.

Ia kemudian dijual dengan nilai tiga kali lipatnya ke Barcelona pada tahun 2014, meski menjalani tahun pertamanya dengan skorsing akibat insiden gigitannya ke bahu Giorgio Chiellini di ajang Piala Dunia 2014.