Alasan Mourinho Gantikan Pogba Usai Man United Kebobolan

Paul Pogba bermain buruk saat Manchester United ditekuk Newcastle United 1-0, Minggu (11/2).
Paul Pogba bermain buruk saat Manchester United ditekuk Newcastle United 1-0, Minggu (11/2).

Gilabola.com – Manajer Jose Mourinho membuat keputusan mengejutkan. Dia menarik keluar Paul Pogba dan memasukkan gelandang veteran Michael Carrick sesaat setelah gawang David de Gea dibobol oleh Newcastle United.

Bertandang ke St James’ Park dalam lanjutan laga Liga Primer Inggris, Minggu (11/2) malam WIB, Manchester United dipaksa menyerah 0-1 kepada tuan rumah Newcastle United. Gol kemenangan Magpies dicetak oleh Matt Ritchie di menit ke 65.

Satu menit setelah gol itu, Mourinho menarik keluar Paul Pogba. Dia digantikan oleh Michael Carrick. Muncul spekulasi kalau Pogba mengalami cedera. Apalagi sesaat sebelum pertandingan dia berhenti melakukan pemanasan lebih awal.

Tapi spekulasi itu dibantah Mourinho. Dia mengatakan Pogba tidak cedera. Katanya pergantian dilakukan demi mengefektifkan penyerangan Manchester United yang sebelumnya lebih banyak mubazir karena terlalu lama memainkan bola.

“Tidak ada masalah (cedera). Saya ingin cara yang lebih baik dan efisien dalam menyerang melawan sebuah tim yang bertahan sangat rapat,” ungkap Mourinho seusai pertandingan.

Advertisement

“Saya coba dengan kesederhanaan (permainan) Michael Carrick membuat skema penyerangan menjadi simpel dan efektif, dan membawa Alexis (Sanchez) lebih dekat ke (Romelu) Lukaku di mana dia bisa jadi seperti striker kedua untuk mencoba memenangi pertandingan,” tambahnya.

Performa Pogba dalam laga itu disorot karena ia dinilai tampil buruk. Ia kerap terlalu lama memegang bola, sehingga saat dia mengoper ke rekannya, arah bola sudah terbaca oleh pemain lawan yang bermain sangat agresif.

Pogba juga dinilai ikut bersalah atas gol Matt Ritchie karena tidak melompat untuk berduel udara dengan Florian Lejeune usai Jonjo Shelvey mengeksekusi tendangan bebas. Namun Mourinho enggan menyalahkan Pogba.

“Kami berlatih, kami bekerja, kami mengatur. Dan pemain punya tugas individu masing-masing ketika mereka bertahan secara zonal. Para pemain tahu ada tanggung jawab tapi saya cukup yakin Anda sudah menonton gol itu di TV beberapa kali, saya tidak,” jelas Mourinho.