Kieran Gibbs dan Lukas Podolski mencetak gol di dua menit terakhir untuk memberi Arsenal kemenangan 2-1 atas Anderlecht dan kado yang mendebarkan jantung bagi ulang tahun ke-65 manajer Arsene Wenger.

Dengan kekalahan tampak di depan mata, Gibbs berhasil membawa Arsenal kembali ke dalam permainan di menit ke-89 dengan sebuah tendangan voli rendah. Podolski menindaklanjuti dengan sebuah gol dari jarak dekat pada menit akhir setelah kemelut di mulut gawang untuk menjaga Arsenal berada di posisi kedua Grup D.

Anderlecht sempat memiliki perasaan kemenangan setelah gelandang Andy Najar membawa juara Belgia memimpin 1-0 dengan sebuah sundulan kuat yang membuat salah langkah kiper ketiga Arsenal Emiliano Martinez di menit ke-71.

Dortmund masih memimpin grup dengan sembilan poin, di depan dari Arsenal dengan enam poin. Sementara Anderlecht dan Galatasaray memiliki satu poin masing-masing.

“Kami berada dalam posisi yang kuat sekarang. Semuanya bergantung pada kami sekarang dan kami harus memenangi pertandingan kandang kami,” kata Wenger.

Kemenangan itu membuat senyum kembali tersemat di wajah Wenger, yang timnya seolah-olah tidak mampu menghasilkan hadiah guna ulang tahun ke-65 pria Prancis itu.

Arsenal masih berjuang di Liga Premier dengan harapan untuk menang tampaknya mulai sirna menjelang Natal, sementara di penyisihan grup Liga Champions mereka terancam jatuh ke urutan ketiga.

Di depan kerumunan 26.000 penonton di stadion Vanden Stock, Anderlecht tampak mampu mengendalikan klub London yang dipreteli habis pemainnya yang cedera itu, dan setelah pemain asal Honduras Najar mencetak gol, tampaknya Anderlecht sudah siap untuk melompati Arsenal di klasemen sementara.

Lima menit setelah gol tersebut, bek Anderlecht Anthony Vanden Borre sebenarnya memiliki kesempatan untuk menggandakan keunggulan namun tembakan jarak dekat malah memantul di mistar gawang.

Untungnya Arsenal tidak pernah menyerah. Wenger dapat saja mengklaim berjasa sudah membawa masuk Podolski hanya enam menit dari waktu bubaran untuk membuat sebuah perbedaan antara satu dan tiga poin di klasemen sementara Grup D.

Advertisement