Apakah Kepercayaan Diri Jose Mourinho Berbahaya Untuk Chelsea?

15

Cuma seorang manajer yang percaya diri pada pemainnya bisa meninggalkan laga beberapa menit sebelum usai. Dan itulah yang dilakukan oleh Jose Mourinho di laga Chelsea vs Aston Villa beberapa pekan lalu. Ia menuju kubu lawan dan mengajukan tangan mengajak bersalaman, tapi ditolak, baik oleh pelatih Villa Paul Lambert maupun asistennya yang sengak dan ketus, Roy […]

Liga Inggris  - Apakah Kepercayaan Diri Jose Mourinho Berbahaya Untuk Chelsea?

Cuma seorang manajer yang percaya diri pada pemainnya bisa meninggalkan laga beberapa menit sebelum usai. Dan itulah yang dilakukan oleh Jose Mourinho di laga Chelsea vs Aston Villa beberapa pekan lalu.

Ia menuju kubu lawan dan mengajukan tangan mengajak bersalaman, tapi ditolak, baik oleh pelatih Villa Paul Lambert maupun asistennya yang sengak dan ketus, Roy Keane.

Menurut Roy Keane, uluran jabat tangan dari José Mourinho selagi laga belum usai adalah “memalukan”.

“Permainan ini masih berlangsung,” kata Keane.

“Saya tidak keberatan dengan semua permainan pikiran tapi permainan ini masih berlangsung. Ini memalukan. Aku pernah melihat dia melakukannya untuk manajer lain; itu adalah aib.”

Ditanya apakah itu tindakan yang sombong dan tidak sopan, Keane menjawab, “Bagaimana menurutmu? Itu pertanyaan bodoh. ”

José Mourinho telah menanggapi kritik Roy Keane terhadap dirinya dengan sebuah retorika sarkastis di mana ia mengisyaratkan bahwa baik sang asisten Aston Villa atau pun manajer Paul Lambert adalah figur teladan.

“Saya menghargai komentar itu. Saya pikir mereka berdua adalah contoh besar dari orang-orang penuh sopan santun dan sangat terdidik, dan karena saya seorang pria yang rendah hati, yang mencoba untuk belajar setiap hari dan melalui setiap pengalaman, saya menghargai komentar itu.”

Tapi Mourinho menegaskan bahwa ia akan tidak punya keraguan akan melakukan hal yang sama lagi di pertandingan lain di masa depan. Ia mengaku tidak mengerti mengapa orang begitu marah jika ia menawarkan jabat tangan dan pergi ke kamar ganti sebelum peluit akhir berbunyi.

Apakah kepercayaan diri Mourinho yang kelewat tinggi ini berbahaya bagi tim Chelsea?

Sementara itu Mourinho mengakui ada beberapa pemain yang diragukan akan turun di laga Sabtu ke Crystal Palace.

Ramires, Diego Costa, Didier Drogba, André Schurrle dan Mikel John Obi, seluruhnya diragukan akan turun.

“Saya masih ingin menunggu sampai besok. Tapi kami memiliki beberapa masalah, ya. Ramires dan Drogba, Diego, Schurrle, Mikel … itu panjang, daftar yang panjang.”

Costa, yang telah mencetak sembilan gol dalam tujuh penampilan Liga Premier, bermain hanya delapan menit untuk laga Spanyol vs Luksemburg.

Chelsea tergelincir oleh Crystal Palace 1-0 di Selhurst Park Maret lalu, dan sang manajer percaya bahwa dirinya tahu mengapa mereka kalah musim lalu.

“Pelajaran saya, dalam permainan tertentu, bukan pelajaran sih. Itu adalah salah satu dari pertandingan di mana saya memang pantas kalah. Ketika saya kalah, saya tahu mengapa saya kalah,” kata Mourinho.

“Itu tidak memberi saya pelajaran. Saya menerimanya dengan cara yang normal. Sangat mudah bagi saya untuk menganalisis jenis pertandingan apa pun. Musim lalu kami kalah karena mereka lebih baik dari kami dalam setiap aspek dari permainan. Lebih baik dari kami.”