Arsene Wenger Jadi Legenda Arsenal Jika Pilih Mundur

  • Sepakbola – Arsene Wenger akan menjadi legenda hidup Arsenal jika dirinya lebih memilih mundur. Dijelaskan oleh Alan Smith.

Arsene Wenger

Gilabola.com –¬†Arsene Wenger akan menjadi legenda hidup Arsenal jika dirinya lebih memilih mundur. Dijelaskan oleh Alan Smith.

Arsene Wenger memang masih menjadi pusat perhatian. Alan Smith berkata bahwa ia yakin The Gunners akan lebih baik lagi jika Arsene Wenger hengkang di akhir musim nanti.

Mantan striker Arsenal FC Alan Smith meminta Arsene Wenger untuk tidak memperpanjang kontraknya yang akan habis pada musim panas nanti di klub asal London tersebut.

Pria asal Perancis itu sudah mempersembahkan tiga titel Liga Inggris dan enam Piala FA dalam 20 tahun kepemimpinannya di Arsenal.

Sayang, torehan gemilang tersebut berbanding terbalik dengan musim ini di mana ia kerap dikritik oleh para suporter yang terlalu keras kepala dalam mengubah strateginya.

Sebelum dihancurkan Bayern Munich dengan skor 5-1 di Allianz Arena di ajang Liga Champions, Kamis (16/02) dini hari WIB, Wenger telah lebih dulu diminta untuk hengkang oleh seorang suporter di pertandingan melawan Chelsea.

Bagi Smith, sudah saatnya Wenger untuk hengkang demi mempertahankan kenangan indah para suporter kepada sang manajer.

“Tawaran dua tahun kontrak sudah ada di atas meja, jadi semuanya tergantung kepada Wenger,” ujar Smith yang pensiun pada 1995 ini, seperti dikutip dari Sky Sports News.

“[Tapi] saya rasa kami memang berada di penghujung sebuah daur, di mana sudah saatnya seorang manajer baru dengan suara berbeda dan metode yang baru.”

“Jika Wenger mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri di akhir musim nanti pada hari ini atau esok, maka ia akan abadi sebagai legenda di Arsenal.”

“Suasana beracun [di Arsenal] akan hilang dari jantungnya dan akan membantu tim karena suasana seperti itu akan berubah drastis di Emirates. [Namun] saya tidak tahu apakah ia berkenan melakukan hal tersebut.”

Alan Smith pun mempertanyakan keseriusan para punggawa Arsenal kala dikalahkan oleh Bayern Munich di Allianz Arena.

“Sangat jelas jika Kieran Gibbs bukan seorang pemimpin dan dalam banyak kesempatan ia menggambarkan situasi [ketidakmampuanya].”

“Dia dengan senang hati memperpanjang kontrak meski tidak ada prospek untuk bermain.”

“Para pemain tidak didorong dengan maksimal. Dalam beberapa tahun sudah tidak ada permintaan untuk memperbaiki hal tersebut. Segalanya terlalu baik, terlalu nyaman, itu lah kultur utama yang ada di klub. Dan itu mesti diubah jika mereka ingin memenangkan piala.”

“Mesut Ozil merupakan pemain yang fantastis ketika anda menguasai bola, mendikte jalannya permainan. Ketika anda tidak menguasai bola, maka Ozil hanya menjadi ‘penumpang’ semata.”

“Pada Rabu (Kamis 16/02 dini hari di laga versus Munich), dia melewati pertandingan begitu saja. Saya rasa tidak banyak manajer akan memilih dia. Wenger menunjukkan bahwa Ozil tidak bermain baik dengan cara diturunkan.”

“Anda membutuhkan semua pemain untuk mengubah permainan ketika tidak menguasai bola dan Ozil bukan tipe pemain seperti itu.”