Arsene Wenger : Raheem Sterling Diving, Titik!

Arsene Wenger bersikeras dengan mengatakan bahwa Raheem Sterling melakukan diving dalam laga Man City melawan Arsenal.

Raheem Sterling, Manchester City vs Arsenal
Raheem Sterling, Manchester City vs Arsenal

Arsene Wenger tak ingin meralat komentarnya yang mengatakan bahwa Raheem Sterling melakukan diving dipertandingan Man City melawan Arsenal.

Arsene Wenger membuat komentar kontroversial beberapa waktu lalu setelah laga Manchester City menjamu Arsenal yang berakhir dengan skor 3-1 bagi kemenangan tuan rumah. Saat itu Wenger menilai gol kedua Man City merupakan hasil diving dari Raheem Sterling dan kemudian mampu dimaksimalkan oleh Sergio Aguero melalui titik putih.

Setelah komentar Wenger tersebut, salah satu legenda Inggris, Alan Shearer, menilai Raheem Sterling tidak melakukan diving dan Wenger berhutang permintaan maaf pada winger Man City tersebut. Namun Wenger berpegang teguh pada pendiriannya, meski ia membantah jika tuduhan diving pada Sterling tersebut merupakan hal negatif. Menurut Wenger, Sterling cerdas dengan berhasil menipu wasit dan menghasilkan penalti bagi Manchester City.

“Tentu saja,” ujar Wenger kepada beIN Sports ketika ditanya apakah ia akan memberi selamat kepada pemainnya jika melakukan hal yang sama seperti Sterling. “Dia memanfaatkan kelemahan wasit dengan cara yang sangat positif.

“Itulah sebabnya saya mengatakan bahwa wasit melakukan kesalahan, mereka tidak memperbaiki kesalahan mereka sebelumnya. Para wasit di Inggris profesional, salah satu dari beberapa negara di mana itu adalah sebuah profesi. Lihat jadwal mereka dan lihat berapa banyak yang akan berangkat ke Piala Dunia, maka anda akan menemukan jawabannya [mengapa mereka tidak memperbaiki kesalahan mereka].”

Wenger melanjutkan : “Saya tidak mengatakan bahwa Sterling diving dengan cara yang negatif, saya mengatakan bahwa dia memanfaatkan kenyataan bahwa kakinya berada di depan bek kami untuk melakukan diving dan kemudian dia melakukannya. Dalam beberapa tahun lagi dia akan mengatakan demikian. Di momen panas tentu saja dia akan menyangkalnya, namun dia menggunakannya posisinya dengan baik untuk bisa lebih maju dari pemain yang menjaganya.

“Sebuah penalti adalah pelanggaran yang disengaja di dalam kotak. Bagi saya itu bukan pelanggaran yang disengaja di dalam kotak, jadi di situlah perbedaannya. Dalam sebuah pertandingan besar seperti itu, wasit perlu melihat apa yang dilakukan oleh bek, bukan penyerangnya.

“Jika itu penyerang saya, maka jelas dia juga akan melakukan diving. Perkataan saya bukan untuk menyalahkan Raheem Sterling, dia memanfaatkan keuntungan yang dimilikinya untuk menipu wasit, itulah yang ia lakukan. Namun bagi saya itu adalah diving.”

Wenger sendiri menegaskan dirinya tak peduli jika komentar yang ia buat mengenai kinerja wasit akan mendapatkan sanksi dari federasi sepakbola Inggris.

“Saya tidak peduli,” tambahnya. “Saya sudah berada 35 tahun dalam pekerjaan ini [sebagai pelatih sepakbola]. Sanksi tidak akan merubah pemikiran saya atau cara saya berpikir. Di pertandingan itu, kami kebobolan sebuah penalti yang keliru dan sebuah gol offside.

“Mereka [pihak berwenang] seharusnya lebih melihat pada diri mereka sendiri dibandingkan menyalahkan orang yang atas komentar yang mereka buat. Mereka harus mengerti keputusan salah yang mereka buat dan menerimanya.”

Sepakbola.cc