Banding Liverpool untuk Sadio Mane Ditolak

Banding Liverpool atas kartu merah Sadio Mane ditolak Asosiasi Sepakbola Inggris (FA). Pemain itupun akan tetap jalani sanksi larangan bermain dalam tiga pertandingan.

Ederson - Sadio Mane

Liverpool dinyatakan gagal dalam permohonan banding mereka terkait kartu merah Sadio Mane pada akhir pekan lalu, saat the Reds dipermalukan Manchester City, 0-5.

Dalam pertandingan di Etihad tersebut, pemain Timnas Senegal itu mendapat kartu merah langsung karena mengangkat kaki terlalu tinggi hingga mengenai bagian wajah kiper City, Ederson Moraes.

Kiper asal Brasil itu harus tinggalkan lapangan dengan cedera di bagian wajahnya. Ia alami memar dan luka berdarah pada bagian pelipis dan di sekitar mata kirinya, akibat terkena lapisan bawah sepatu Mane dalam insiden tersebut.

Liverpool telah memulai permainan itu dengan menyenangkan, sebelum akhirnya sebuah keputusan besar dari wasit Jon Moss membuat the Reds harus bermain hanya dengan 10 pemain melawan the Citizens yang terus mengamuk di kandang sendiri. Akhirnya, skuad asuhan Pep Guardiola itupun berhasil memanfaatkan kekurangan lawan dan menambahkan empat gol lagi usai Mane diusir keluar lapangan.

Tim raksasa Merseyside itu sebelumnya bersikeras untuk mengajukan banding agar sanksi terhadap Mane bisa dikurangi. Pasalnya, baik Liverpool maupun sejumlah kalangan lainnya merasa bahwa sanksi Moss terlalu keras.

Mane tampaknya tak menunjukkan niat jahatnya dalam insiden tersebut. Semuanya terjadi murni karena kedua pemain tengah sama-sama berusaha mengejar dan menghalau bola. Namun, konon respon Jon Moss yang langsung keluarkan kartu merah dibenarkan oleh peraturan sepakbola yang berlaku di Inggris.

Hukum 12 dari undang-undang sepakbola FA menyebutkan, ‘Seorang pemain bersalah karena lakukan pelanggaran serius, jika dia menggunakan kekuatan atau kebrutalan yang berlebihan terhadap lawan saat menantang bola dalam permainan. Penanganan yang membahayakan keselamatan lawan harus mendapat sanksi serius, karena pelanggarannya serius’.

Insiden yang melibatkan Mane tersebut tercatat sebagai satu dari tujuh pelanggaran yang layak mendapat kartu merah. Liverpool kini harus menerima sanksi tersebut, dan berlaga tanpa salah satu pemain terpenting mereka dalam tiga pertandingan mendatang di liga domestik.

Meski demikian, pemain berusia 25 tahun itu akan bermain di Liga Champions pekan ini. Tapi, ia harus duduk di luar rumah pertandingan pada akhir pekan ini, yakni dalam laga melawan Burnley di Liga Premier. Begitu juga dalam dua pertandingan berikutnya, yakni saat the Reds bertemu Leicester City, di ajang Piala EFL dan kemudian Liga Premier.

Sepakbola.cc