Begini Kisah Awal Mula Permusuhan Louis Van Gaal vs Ronald Koeman

Daftar manajer yang bermusuhan makin panjang saja. Selain Alex Ferguson vs Arsene Wenger atau Jose Mourinho vs Pep Guardiola, kini ada Louis van Gaal vs Ronald Koeman. Koeman adalah asisten Van Gaal saat di Barcelona, di mana istri-istri mereka, Bartina dan Truus masing-masing, menjadi teman baik. Namun kedua orang itu menunjukkan egonya masing-masing ketika Van Gaal […]

Liga Inggris  - Begini Kisah Awal Mula Permusuhan Louis Van Gaal vs Ronald Koeman

Daftar manajer yang bermusuhan makin panjang saja. Selain Alex Ferguson vs Arsene Wenger atau Jose Mourinho vs Pep Guardiola, kini ada Louis van Gaal vs Ronald Koeman.

Koeman adalah asisten Van Gaal saat di Barcelona, di mana istri-istri mereka, Bartina dan Truus masing-masing, menjadi teman baik.

Namun kedua orang itu menunjukkan egonya masing-masing ketika Van Gaal kembali ke Ajax sebagai direktur teknis mereka. Koeman saat itu adalah pelatih kepala dan ia sangat-sangat keberatan dengan cara Van Gaal meletakkan kursi di sisi lapangan latihan, ikut turun mengawasi setiap sesi latihan dengan lengan dilipat, seperti seorang guru mengawasi ujian.

Siapa sebenarnya pelatih klub? Dirinya atau Van Gaal?

Lebih dari sekali, Koeman pergi ke bos besar Ajax untuk mengeluhkan campur tangan Van Gaal. Namun Van Gaal, dalam biografi resminya, menjelaskan bahwa ia harus menjadi seperti itu karena “anak itu” –sebutan untuk Koeman–  terlalu lemah dan membutuhkan nasihat karir.

Liga Inggris  - Begini Kisah Awal Mula Permusuhan Louis Van Gaal vs Ronald Koeman

Bagian lain di biografinya menceritakan kisah Van Gaal melakukan intervensi dalam perseteruan antara Zlatan Ibrahimovic dan Rafael van der Vaart dan kemudian menjual si pemain Swedia, yang berlawanan dengan keinginan Koeman.

“Masalah sebenarnya di Ajax adalah Ronald Koeman tidak lagi memiliki kontrol atas para pemain,” kata Van Gaal. “Pada prinsipnya, Koeman harus memecahkan masalah itu, tapi dia tidak bisa.”

Liga Inggris  - Begini Kisah Awal Mula Permusuhan Louis Van Gaal vs Ronald Koeman

Buku biografi itu keluar pada tahun 2009 dan dengan buruk menggerogoti citra Koeman mengingat dia baru saja menggantikan Van Gaal sebagai manajer klub AZ Alkmaar di Belanda. Van Gaal mengklaim Koeman sebenarnya adalah pilihan ketiga di belakang Co Adriaanse dan Dick Advocaat dan ia tidak menyebut keberhasilan pesaingnya di Ajax.

Tanggapan Koeman datang tiga tahun kemudian ketika Van Gaal mengambil alih sebagai manajer tim nasional Belanda untuk kedua kalinya. Itu, kata Koeman, “mengejutkan” karena “menurut saya, dia adalah pilihan keenam. Silakan tambahkan bahwa itu ‘lelucon’ agar tidak keluar dari konteks.”